BREAKINGNEWS.CO.ID - Usir penat dan lelahmu dengan jalan-jalan ke Kota Cimahi, Jawa Barat. Kota yang berjuluk Kota Tentara ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburanmu sehingga #PesonaMudik2019 semakin berarti.

Sebelumnya, wilayah Cimahi termasuk bagian dari Kabupaten Bandung. Namun pada 1976, Cimahi menjadi Kota Administratif dan pada 21 Juni 2001 telah ditetapkan sebagai Kota Otonom yang terdiri dari 3 wilayah kecamatan dan 15 kelurahan.

"Lokasinya di area pegunungan membuat udara di area ini cukup dingin dan sejuk. Beragam seni dan budaya Sunda pun dapat disaksikan disini," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Jangan ragu-ragu untuk berwisata ke Kota Cimahi, beragam spot wisata keren siap memanjakanmu dengan berbagai keseruannya. Mulai dari destinasi wisata alam, wisata budaya hingga hiburan. Berikut adalah daftar tempat wisata di Kota Cimahi Jawa Barat yang bisa kamu singgahi.

Curug Cimahi

Mendengar suara air terjun sembari melihat pemandangan alam berupa pepohonan yang menghijau sungguh menentramkan hati. Singgahlah ke Curug Cimahi yang memiliki ketinggian air hingga 85 meter, Anda akan merasakan itu.

Curug yang terkenal dengan sebutan Curug Pelangi ini menyajikan nuansa air terjun yang berbeda dan unik karena ada hiasan lampu yang berpijar di malam hari. Beberapa pengunjung juga mempercayai adanya mitos jika air dari Curug Cimahi bisa menyembuhkan penyakit.

Ciwangun Indah Camp

Mencari tempat wisata keluarga yang bukan hanya untuk bersenang-senang? Ciwangun Indah Camp bisa menjadi pilihan. Lokasi wisata yang dibuka sejak 2006 ini menjadi tempat yang memiliki nilai edukasi dan sangat cocok untuk mendukung perkembangan anak.

Ada banyak permainan dan hiburan yang membuat para pengunjung rela antri mencoba berbagai wahana outbound yang tersedia di tempat ini. Selain sarana outbound yang sangat menantang adrenalin, disini juga ada ground camp dan hutan pinus yang biasa menjadi sasaran para pengunjung.

Curug Tilu Leuwi Opat

Salah satu curug atau air terjun yang tidak kalah menarik adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Dari namanya saja unik, karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan air terjun, dan memiliki empat leuwi (sungai).

Tempat wisata ini menggabungkan antara curug, sungai, serta goa yang berada diatas lahan seluas 5 hektar. Dua buah Goa yang ada di kawasan ini yaitu Goa Toke dan Goa Lalay. Curug tilu leuwi opat ini ditemukan pada tahun 1996 dan mulai dikomersilkan sebagai kawasan wisata alam pada tahun 2006.

Alam Wisata Cimahi

Buat Anda yang ingin menikmati rekreasi ciamik dengan paket lengkap bisa langsung singgah ke Alam Wisata Cimahi. Destinasi ini menawarkan pengalaman seru dan menantang dalam satu kawasan.

Kamu bisa menjajal aneka permainan seru seperti jembatan goyang maupun flying fox. Ada juga kolam renang dan pemancingan yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Situ Ciseupan

Ingin menyaksikan keindahan danau, silahkan mampir ke Situ Ciseupan. Dengan luas tidak lebih dari 5 Ha, Anda bisa menikmati keindahan danau eksotis ini dengan lingkungan yang asri dan sejuk.

Apalagi kalau memiliki hobi mancing, kamu bisa menyalurkannya di sini. Di kawasan ini terdapat tempat pemancingan terluas di Cimahi, Selain memancing, kamu juga bisa mencoba kegiatan lainnya yang tak kalah asik yaitu outbound, bersepeda, off road, flying fox, naik perahu dan kegiata seru lainnya.


Kampung Adat Cireundeu

Cireundeu berasal dari nama “pohon reundeu”, karena sebelumnya di kampung ini banyak sekali populasi pohon reundeu. Maka dari itu kampung ini di sebut Kampung Cireundeu.

Kampung Adat Cireundeu terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Terdiri dari 50 kepala keluarga atau 800 jiwa, yang sebagian besar bermata pencaharian bertani ketela. Ketela ini menjadi makanan pokok layaknya beras.

Sebagian besar penduduknya memeluk dan memegang teguh kepercayaan Sunda Wiwitan hingga saat ini. Selalu konsisten dalam menjalankan ajaran kepercayaan serta terus melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah turun-temurun dari nenek moyang mereka. Di kawasan ini juga, kamu juga bisa menjelajahi Hutan Larang dan Hutan Tutupan yang menyajikan pemandangan alam nan asri.

Kampung Buyut Cipageran

Kampung yang memiliki luas 2,5 hektare ini awalnya merupakan perkebunan biasa. Baru pada 2011, pemilik lahan mengubah areal tersebut menjadi tempat wisata berkonsep kampung Sunda dan dikenal dengan sebutan Kampung Buyut.

Di kampung itu dibangun saung-saung khas Sunda. Untuk meramaikan kampung sering digelar atraksi kesenian, sperti pencak silat, angklung, jaipongan, dan lain-lain. Pada 2015, tempat wisata ini diperluas menjadi sebuah kawasan konservasi alam, pusat seni, budaya, dan tempat wisata edukasi.


Wisata Alam Katumiri

Cimahi menyimpan banyak objek wisata alam yang menarik untuk disinggahi. Salah satunya adalah Wisata Alam Katumiri yang memanjakan pengunjung dengan fasilitasnya. Ada flying fox, golf, rapelling, horsing, mini ATV, mini motor cross, jembatan pandang. Ada juga cottage, saung, dan mushala yang dapat dinikmati oleh keluarga atau grup Anda jika ingin bermalam di Katumiri.

Selain itu, tempat ini juga terdapat air terjun yang dinamai "Curug Panganten". Menurut legenda, dahulu ada sepasang penganten yang terjatuh dari atas hingga dasar curug. Dan karena itulah tempat ini disebut sebagai Curug Panganten.

All About Strawberry Cimahi

Aneka macam hal tentang strawberry bisa kamu dapatkan di tempat wisata ini. Mulai dari jus strawberry sebagai welcome drink, hingga memetik dan memanen strawberry langsung dari pohonnya.

Selain itu lokasinya sangat cocok untuk tempat santai dan menyegarkan mata kembali. Di sini suasananya begitu segar dengan dilengkapi area bermain untuk anak. Sebelum pulang, Anda bisa berbelanja beragam pernak pernik stroberi sebagai oleh-oleh.

Selain itu obyek wisata yang lokasinya ada di Jalan Cihaunjang Km 2 ini menyediakan fasilitas playground dan berbagai wahana permainan seru. Setelah membayar tiket pengunjung yang datang kesini akan mendapatkan satu gelas stroberi dengan gratis sebagai ucapan selamat datang.