BREAKINGNEWS.CO.ID - Putri Universitas Esa Unggul (UEU) lolos ke semifinal sebagai juara Pul Merah setelah menundukkan Universitas Airlangga (Unair) dengan skor 60-57 di pertandingan terakhir babak penyisihan grup LIMA Basketball Nationals Season 7 di Gelanggang Remaja Jakarta Timur pada Sabtu (10/8).   Kemenangan tim Ibukota atas rival kota terbesar Jawa Timur itu tak diperoleh dengan mudah. Pasalnya kekuatan kedua kubu relative seimbang dan merata, hingga membuat permainan berlangsung ketat sejak menit pertama dan harus berakhir dengan selisih cuma tiga poin.

Meski UEU sempat unggul  di lima menit pertama dengan 8-3. Namun, Unair menyusul dan mengakhiri pertandingan dengan keunggulan mereka di skor 14-8. Kejar-mengejar poin berlanjut di kuarter kedua, hingga skor imbang 24-24 menutup putaran ini Unair sempat unggul di akhir kuarter ketiga, tetapi UEU yang mengakhiri pertandingan dengan kemenangan. Meski tim asal Jakarta tersebut memenangi pertandingan, usaha Unair sudah maksimal, terbukti dengan selisih poin yang hanya berjarak tiga angka.

 Sejak pertandingan pertama, Kadek Sanis Jisanceghi selalu melakukan rebound terbanyak untuk timnya. Mulai dari enam rebound di pertandingan pertama melawan Universitas Katolik Soegijapranata, hingga 12 rebound di pertandingan kedua saat berhadapan dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan di laga terakhir ini.

Sementara itu, pemain Unair, Faizzatus Shoimah yang merupakan mahasiswa baru, selalu mencetak dua angka selama tiga pertandingan. 20 poin diciptakan di laga pertama Unair di Nationals saat melawan UNJ. Di pertandingan kedua, ia menyumbang 17 poin, dan 10 poin di gim penyisihan terakhir ini. Ia juga selalu menjadi pemain yang memiliki durasi waktu bertanding paling lama di setiap pertandingan.

Kedua tim sudah melakukan usaha keras di laga terakhir ini. Walaupun kemenangan berada di tangan UEU, tim dari Surabaya tersebut akan tetap melaju ke babak semifinal yang akan berlangsung pada Minggu (11/8) menghadapi juara Pul Putih.

“Saya selalu mencoba membuat para pemain berkembang di setiap pertandingan. Latihan kami adalah saat pertandingan. Jadi, mental bertanding mereka diuji secara langsung. Sejauh ini, tim kami sudah bermain dengan baik, mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan di beberapa situasi. Kami hanya mencoba untuk melakukan yang terbaik di setiap gim,” kata Abrizalt Hasiholan, pelatih UEU.

Sementara itu, Aries Herman selaku pelatih Unair mengaku targetnya adalah keunggulan di semifinal. Ia berkata, “Target saya di pertandingan ini memang membuat para pemain tidak ada yang cedera, karena kemarin sempat ada yang cedera. Bagi kami sudah cukup untuk mengimbangi saja. Yang terpenting untuk kami adalah kemenangan di semifinal. Oleh karena itu, kami harus benar-benar melakukan persiapan untuk nanti.”