JAKARTA - Beberapa musisi Tanah Air memutuskan hijrah dan meninggalkan kehidupan keartisan mereka.  Beberapa di antaranya memilih jalan dakwah karena terpanggil untuk kembali kepada Allah. Dunia hiburan memang identik dengan kehidupan yang mewah dan glamor. Banyak selebritas Indonesia yang salah bergaul justru terjerumus pada hal-hal negatif.

Tak jarang karena pernah melewati masa-masa gemerlap dunia hiburan bahkan menggunakan narkoba, ada banyak artis yang memilih untuk mundur dari dunia keartisan. Beberapa dari mereka menggeluti dunia yang berbeda dari sebelumnya. Berikut beberapa musisi Tanah Air yang memutuskan berhijrah, Senin (28/5/2018):

Sakti eks Sheila On 7

Sakti Ari Seno.



Sakti Ari Seno atau akrab disapa Sakti adalah mantan gitaris band Sheila On 7. Beberapa tahun lalu, ia memilih hengkang dari grup dan ingin berhijrah. Sekarang penampilannya jauh berubah. Sakti identik dengan gamis, sirwal dan jenggot panjangnya. Tak hanya itu, ia mengubah namanya menjadi Salman Al Jugjawy. Ia kini berbisnis clothing yang sering ia unggah di akun Instagramnya.

Reza eks Noah

Ilsyah Ryan Reza.



Ilsyah Ryan Reza adalah mantan drummer Peter Pan dan Noah. Ia memutuskan keluar dari band karena hatinya merasa tidak tenang. Ia kemudian berhijrah dan menjadi sosok yang lebih islami. Reza kini menggeluti bisnis clothing.

Ray eks Nine Ball

Ray.



Ray yang dulunya merupakan vokalis band Nine Ball sekarang merubah penampilannya menjadi lebih islami. Meski begitu, ia tetap menggunakan jalur musik sebagai alatnya untuk berdakwah.

Sunu Eks Mata Band

Sunu.



Tak jauh berbeda dengan Ray, Sunu juga melakukan hal yang serupa. Sunu yang dulunya adalah vokalis Mata Band yang pernah terkenal dengan lagu hits berjudul Ketahuan kini telah berhijrah. Sunu dan Ray tergabung dalam grup vokal Medina.

Ucay

Ucay.



Mantan vokalis grup band Rocket Rockers, Ucay, saat ia memutuskan berhijrah, meninggalkan gemerlap dunia musik yang membesarkan namanya pada akhir 2012. Ia mantap hengkang dari band yang ia dirikan sejak 1999 itu karena menyadari ada yang kurang tepat dengan cara dia hidup selama ini.

Ucay, atau sekarang juga dikenal sebagai Noor Al Kautsar, mengatakan masa mudanya penuh dengan chaos. Kini Ucay aktif berdakwah dan sering membagikan pengalaman hijrahnya. Ia pernah ke Solo berbagai kisah saat diundang oleh Komunitas Yuk Ngaji Solo pada 9 Juli 2017 lalu.

Berry Saint Loco

Berry Saint Loco.



Pernah menjalani pahit getir kehidupan membuat Berry akhirnya menjadi seorang mualaf. Ia mendapatkan kedamaian dalam ajaran agama Islam yang ia pelajari. Vokalis grup Saint Loco ini mengaku mengenal Islam dari sahabat dekatnya Essa Muhammad. Perubahan hidup Essa itulah yang membuat Berry tertarik mempelajari Islam. Semakin hari, Berry semakin penasaran dan tertarik untuk mengikuti ajaran Islam yang dijalankan Essa.