BREAKINGNEWS.CO.ID - Deputi 1 Inasgoc, Harry Warganegara mengatakan lebih dari seribu atlet luar negeri belum meninggalkan Indonesia. Meskipun, Asian Games 2018 telah selesai digelar secara resmi pada Minggu (2/9/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. "Masih ada 1.208 atlet di Wisma Atlet yang mengisi 565 kamar. Besok akan menjadi hari terakhir," kata Harry.

Sementara itu, Wakil Direktur Deputi IV bidang Transportasi Sudjianto Adji mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan 200 bus besar, yang didukung dengan kendaraan kecil dan mobil box. Ini mereka siapkan untuk mengantar para atlet ke bandara pada Selasa besok. "Jadi tidak ada pengurangan jumlah bus. Sama dengan waktu kedatangan karena Dinas perhubungan sampai 4 September. Insya Allah bisa mencover kepulangan atlet dan official dengan lancar," kata Sudjianto.

Tugas Inasgoc baru selesai bila semua atlet luar negeri sudah meninggalkan Wisma Atlet. Hal ini diutarakan oleh Wakil Presiden Kehormatan OCA, Wei Ji Zhong. "Tes terakhir menurut saya adalah departemen transportasi akan memulangkan kembali peserta kontingen Asian Games dengan lancar," ucapnya.

Di sisi lain, Jumlah peserta Asian Games 2018 meningkat 20 persen dibanding peserta pada Asian Games Incheon 2014 menyusul jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 40 cabang dengan 465 nomor pertandingan. Total, atlet yang berpartisipasi di Asian Games 2018 adalah sebanyak 11 ribu orang ditambah pelatih dan official dari setiap negara menjadi 16 ribu orang.

Asian Games 2018 sendiri dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Kontingen China menjadi juara umum setelah tak terkejar di klasemen perolehan medali. China meraih total medali sebanyak 289. Dengan rincian 132 medali emas, 92 perak dan 65 perunggu. Sementara untuk peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh Jepang. Adapun tuan rumah Indonesia finis di peringkat keempat dengan 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Jumlah tersebut jauh memenuhi target yang dibebankan sebelumnya yaitu 12 sampai 16 medali.