BREAKINGNEWS.CO.ID - Gempa bumi dengan kekuatan 5,2 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Lebak, Banten, Provinsi Jawa Barat, Minggu (14/10/2018) dini hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terjadi pukul 02.38 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di 9,00 Lintang Selatan, 105,26 Bujur Timur. Tepatnya berada di 292 kilometer Barat Daya Lebak, Banten. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer ini tidak dinyatakan BMKG berpotensi menimbulkan tsunami. Meski begitu, warga diimbau untuk selalu waspada.

Belum ada laporan dampak kerusakan maupun korban akibat dari gempa tersebut. Berdasarkan peringatan gempa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terdeteksi terjadi di lautan, 292 kilometer barat daya Lebak, Banten.

Melalui akun twitternya @infoBMKG, episentrum gempa yang terjadi pada pukul 02.38 WIB itu berada di lokasi 9.00 LS - 105,26 BT atau 292 km barat daya Lebak, Banten.

"Tidak berpotensi tsunami," demikian simpulan dari peringatan gempa oleh BMKG tersebut.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan belum ada laporan kerusakan rumah maupun infrastruktur lainnya. "Kami berharap gempa itu tidak menimbulkan kerusakan," kata Kaprawi.

Menurut dia, selama ini, masyarakat pesisir selatan yang lokasinya berdekatan dengan pusat gempa tidak panik karena getarannya tidak begitu besar.

Kehidupan masyarakat relatif normal dan tidak menimbulkan kepanikan dan ketakutan, katanya. Gempa dirasakan lemah sehingga tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.

Masyarakat pesisir selatan diminta tetap waspada sehubungan wilayah Perairan Samudera Hindia terdapat patahan gempa. "Kami minta masyarakat tetap tenang dan tidak panik menghadapi gempa itu," katanya.

Sehari sebelumnya tepatnya Sabtu (13/10/2018), terjadi empat gempa bumi di berbagai wilayah di Indonesia. Dilansir dari akun Twitter resmi BMKG, ada empat tempat yang diguncang gempa bumi dengan itensitas kekuatan yang berbeda juga.

Gempa bumi yang mengguncang beberapa tempat di Indonesia pada hari ini termasuk gempa bumi dangkal dengan kekuatan dari 2,4 hingga 5,6 SR dan semuanya tidak berpotensi menimbulkan tsunami.