BREAKINGNEWS.CO.ID - Impresif. Beginilah gaya Menteri Pariwisata Arief Yahya membungkus Pangandaran International Kite Festival (PIKF) di Pangandaran, Jawa Barat. Layang layang raksasa berlogo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia akan mengangkasa di langit Pangandaran, Jawa Barat.

Layang layang Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia akan mengangkasa bersama layang layang kreasi Jepang, Polandia, Thailand, Selandia Baru, Malaysia, dan Perancis, serta sejumlah wilayah di Indonesia.

Layang-layang Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia sengaja dibuat atas gagasan Kabid Pemasaran 1 Area Jawa Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan. Tujuannya hanya satu, mengapresiasi event bergengsi ini.

"Sekaligus sebagai ajang promosi Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia kepada peserta dari luar negeri dan masyarakat umum yang hadir di acara," tutur Wawan Gunawan, Minggu (7/7/2019).

Layang-layang Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia khusus dibuat oleh Koswana. Dia pengrajin layang-layang dari Jalan Kidang Pananjung Lok Kantor Pos Pantai Timur Pangandaran.

Desainnya dibuat jumbo. Dimensinya dibuat 3 x 4 meter. Ekornya juga dibuat panjang. Dimensinya 7 meter dengan tulisan Kemenpar.

"Saya kira ide Pak Wawan Gunawan sangat bagus. Ini akan mengangkat brand Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Saya akan dukung gagasan ini. Layang layang Kemenpar akan diterbangkan 13 Juli 2019 saat seremonial. Durasi penerbangan pukul 10 pagi sampai selesai," tutur Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata.

Tak hanya itu. Pada 14 Juli 2019, layang layang Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia juga bakal mengangkasa kembali.

"Durasinya seharian penuh. Dua layang layang besar itu akan diterbangkan bersama-sama dengan layang-layang lainnya. Termasuk peserta profesional dari luar dan dalam negeri," timpal Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung, meyakini event ini akan mendapat sambutan hangat di Pangandaran.

“Ada beberapa alasan untuk itu. Pertama, pesertanya berasal dari mancanegara. Kedua layang-layang ini akan menghiasi langit Pangandaran. Yang pasti akan membuat pemandangan jadi indah,” papar Adella.

Komentar Menpar Arief Yahya pun sangat positif. Dia langsung melayangkan emoji tiga jempol dan memberikan restu untuk penggagas ide ini.

"Layang layang dengan desain Wonderfuk Indonesia dan Pesona Indonesia itu bakal menjadi oyjek foto-foto dan viral di media sosial. Saya kira akan sangat bagus bila banyak orang yang selfie dengan background dua layang layang tadi," kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Sebetulnya, cara seperti ini sudah dilakukan sejak Euro 2016 di Perancis. Wonderful Indonesia juga saat pameran wisata terbesar dunia seperti ITB Berlin. Saat itu, bus-bus wisata dibungkus brand Wonderful Indonesia dan berkeliling di temoat-tempat ikonik di Berlin.

Hal serupa juga dilakukan pada World Cup 2018 yang dilangsungkan di Moskow dan Saint Petersburg, Rusia. Bis-bis yang keliling untuk pariwisata juga dibungkus dengan logo dan desain gambar Pesona Indonesia.

"Foto-fotonya juga viral dan menjadi trending topic. Saya kira kita juga bisa melakukan hal itu di Pangandaran International Kite Festival," ucap mantan Dirut Telkom itu.