BREAKINGNEWS.CO.ID – Timnas Spanyol akan menghadapi Timnas Wales pada Jumat (12/10/2018) waktu setempat, dalam laga uji coba internasional. Pertandingan tersebut akan menjadi pembuktian pelatih anyar Spanyol, Luis Enrique yang beberapa bulan lalu baru menerima jabatan tersebut.

Sebelumnya, Enrique sudah melakukan pekerjaan hebat di dua pertandingan uji coba bertajuk UEFA Nations League (UNL) bulan September lalu . Dia berhasil memimpin Spanyol mengalahkan Inggris (2-1) serta membenamkan Kroasia (6-0). Permainan Spanyol di bawah tangan Enrique sudah jauh berbeda, tidak hanya mengandalkan tiki-taka. Enrique juga tidak segan memberikan kesempatan pada pemain-pemain muda seperti Marco Asensio serta Dani Ceballos. Dia berjanji akan melakukan hal yang sama di pertandingan kontra Wales mendatang.

Menurut Enrique, setiap pemain yang dia panggil memiliki kesempatan bermain yang sama. Tidak ada nama besar. Dia cuma menentukan susunan pemain berdasarkan pada kerja keras yang ditunjukkan pemain di sesi latihan. "Dia yang memanfaatkan kesempatannya sebaik mungkin dan tampil baik di sesi latihan akan mendapatkan menit bermain," buka Enrique dikutip dari tribalfootball.

"Kami sudah melakukan beberapa sesi latihan, akan tetapi hanya satu kali latihan yang dilakukan dengan intensitas tinggi, seperti yang saya inginkan. Sikap dalam segala hal yang melibatkan tim amatlah penting," lanjutnya. Walaupun hanya berstatus pertandingan uji coba, Enrique meminta para pemainnya tetap fokus. Dia menilai saat ini Spanyol sedang berada dalam proses perkembangan yang penting, oleh karena itu kekalahan bukanlah hal yang diharapkan.

"Nilai pertandingan ini sangat besar. Memang tidak ada poin, akan tetapi kami sedang berada dalam proses di mana tidak ada pertandingan yang bisa disia-siakan. Itulah pesan saya untuk para pemain," ucap dia. Spanyol saat ini memang lebih banyak diisi oleh para pemain-pemain muda yang memiliki keunggulan dalam hal kecepatan serta gairah bermain. Sejauh ini, timnas Spanyol dan Wales baru dua kali bertemu di seluruh ajang kompetisi. Dari dua laga tersebut, Wales dan Spanyol sama-sama meraih satu kemenangan dengan skor identik 3-0.

Prakiraan susunan pemain:

Wales (4-2-3-1): Wayne Hennessey; Connor Roberts, Chris Mepham, James Chester, Ben Davies; Joe Allen, Ethan Ampadu; David Brooks, Aaron Ramsey, Harry Wilson; Sam Vokes.
Pelatih: Ryan Giggs (Wales)

Spanyol (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Sergio Ramos, Gerard Pique, Marcos Alonso; Saul Niguez, Rodrigo, Thiago Alcantara; Suso, Rodrigo Moreno, Marco Asensio.
Pelatih: Luis Enrique (Spanyol).

Head to head kedua tim:

30/04/85 Wales 3 - 0 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia 1986)
17/10/84 Spanyol 3 - 0 Wales (Kualifikasi Piala Dunia 1986).