BREAKINGNEWS.CO.ID - Sebanyak 20 nama kini telah lolos untuk menjadi Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka juga telah menjalani tes profile assesment, pada 8-9 Agustus 2019 di Jakarta. Beberapa nama besar capim KPK juga tersingkir dengan munculnya 20 nama ini.

Menurut Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK), Yenti Garnasih, banyak calon-calon baru bermunculan. Mereka ini menyingkirkan nama-nama besar yang sebelumnya diprediksi menjadi capim KPK.

Bahkan pimpinan KPK saat ini seperti Laode Muhammad Syarif, gagal lolos seleksi. Padal Laode adalah salah satu komisioner KPK periode 2015-2019.

Laode memiliki gelar sarjana hukum dari Universitas Hasanuddin, LL.M dari Queensland University of Technology, Brisbane, dan Ph.D dalam hukum lingkungan hidup internasional dari Universitas Sydney.

Sebelum menjabat sebagai komisioner KPK, Laode terdaftar sebagai Dosen Universitas Hasanuddin, Ahli pendidikan dan pelatihan proyek pengendalian korupsi Indonesia, USAID, dan Ahli Kurikulum dan pendidikan hukum lingkungan hidup di Mahkamah Agung.

Selain Laode, nama lainnya yang sempat diunggulkan yaitu Irjen. Pol. Drs. Dharma Pongrekun. Dia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 25 Mei 2018 berada di BSSN. Beberapa waktu lalu, dia baru saja dilantik sebagai Wakil Kepala BSSN. Terakhir, ada nama Dede Farhan Aulawi. Dede merupakan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Periode 2016-2020.

Berikut 20 nama yang tidak lolos tes profile assessment:

  1. Agus Santoso, Mantan PPATK
  2. Aidir Amin Daud, Pensiunan PNS
  3. Chandra Sulistio Reksoprodjo Pegawai KPK
  4. Dede Farhan Aulawi Komisioner Kompolnas
  5. Dedi Haryadi Tim Stranas Pencegahan Korupsi KPK
  6. Dharma Pongrekun, Drs., M.M., Anggota POLRI
  7. Eddy Hary Susanto, Auditor
  8. Eko Yulianto Auditor
  9. Fontian Munzil, Dosen
  10. Franky Ariyadi, Pegawai Bank
  11. Giri Suprapdiono, Pegawai KPK
  12. Joko Musdianto, PNS BPKP Perwakilan Provinsi Lampung
  13. Juansih, Anggota POLRI
  14. Laode Muhammad Syarif; Komisioner KPK
  15. Marthen Napang, Dosen
  16. Nelson Ambarita, PNS BPK
  17. Suparman Marzuki, Dosen
  18. Torkis Parlaungan Siregar, Advokat
  19. Wawan Saefill Anwar, Auditor
  20. Zaki Sierrad, Dosen