BREAKINGNEWS.CO.ID - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan terkait dengan kenaikan suku bunga maupun perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama dengan Bank Indonesia (BI) akan terus mewaspadai dan melihat kondisi yang terkait dengan dinamika-dinamika yang ada. Selain itu, dari sisi keseluruhan perekonomian pun juga akan turut diawasi.

"Kalau kita melihat kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh bank indonesia, pemerintah akan melihat sentimen yang berasal dari dalam atau dari luar negeri. Kalau itu adalah lebih didominasi dari luar negeri tentu kita lebih mencoba untuk menimalisir dampaknya ke dalam perekonomian," ujarnya saat ditemui wartawan usai sidang paripurna RUU APBN TA 2017 di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Menurutnya, apabila sentimen tersebut di-drive oleh berbagai indikator (devisit transaksi) yang mungkin dianggap sebagai transaksi berjalan, maka pihaknya bersama BI dan OJK akan melakukan koordinasi secara bersama-sama dalam meningkatkan agar devisit transaksi berjalan menjadi semakin mengecil. "Caranya yakni dengan mendukung kegiatan ekspor, pariwisata dan berbagai kegiatan yang bisa menghasilkan devisa bagi negara," katanya. "Pada saat bersamaan, kami juga mulai meneliti kebutuhan impor dan apakah kebutuhan itu betul-betul sesuatu yang dibutuhkan oleh perekonomian di Indonesia," sambungnya.

Sri menegaskan dalam melakukan penilitian tersebut, pihaknya bersama dengan pihak-pihak terkait lainnya juga akan selektif dalam meneliti siapa-siapa yang nantinya membutuhkan terkait dengan bahan modal dan apakah mereka betul-betl strategis dalam menunjang kegiatan perekonomian di dalam negeri. Ia pun berpendapat jika koordinasi tersebut terus dilakukan agar kehati-hatian dari sisi keseluruhan perekonomian tetap terjaga.

"Namun, tentu saja dari swasta juga tetap harus meningkatkan kewaspadaan didalam konteks kenaikan dari suku bunga maupun perubahan nilai tukar ini dalam pengaruhnya dalam neraca mereka. sehingga mereka juga perlu melakukan langkah-langkah yang kami juga lakukan untuk melakukan adjustment sehingga akhirnya perekonomian bisa mengabsolut slot ini secara lebih baik dan tidak menimbulkan gejolak," tegasnya.