JAKARTA, Selain masih disibukkan dengan kesibukannya jadi seorang artis, Ratna Listy juga sedikit demi sedikit mulai menjajal usaha dunia kuliner. Dalam menggerakkan bisnisnya ini, ia pilih satu restoran franchise yang menghidangkan panganan berbabahan basic bebek.

" Kalau aku punya prinsip, kita berisnis itu harus yang disukai dahulu. Aku pengemar bebek. Kalau ke daerah aku suka cari bebek, ada teman saya miliki usaha makanan bebek jumbo. Kita kerja sama, " kata Ratna saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 23 Juli 2017.

Namun, ada cerita unik dibalik usaha yang digerakkannya sepanjang lebih kurang dua tahun terakhir ini. Dia mengungkap kalau satu hari sempat mengantarkan sendiri pesanan dari seseorang pelanggan.

" Jadi di restoran itu ada motor untuk delivery terkadang bila situasi hujan gede kan tidak mungkin saja antar naik motor. Namun juga saya tidak ingin tidak sesuai harapan serta pada akhirnya saya anterin sendiri naik mobil, " kata dia.

Dia meneruskan, hal itu ia kerjakan jadi bentuk profesionalitasnya pada customer.

" Mereka (konsumen) hingga kaget, 'loh kok Mba Ratna yang antar sendiri. ' Jadi memanglah disini seninya, saat di panggung saya jadi artis namun di warung saya jadi waiter, jadi koki, hingga mesti senantiasa siap, jadi totalitas itu perlu, " tuturnya.

Selain itu, dalam menggerakkan usaha kuliner, Ratna juga menyebutkan kalau resiko atau komplain telah pasti tidak dapat dihindarkan. Walau sekian, ia senantiasa melindungi servicenya supaya pelanggan kembali datang.

" Restoran itu usaha komplain, enak aja dikomplain. Bagaimana tidak dikomplain, bebek saya itu bebek Thailand, bangkok. Saya dikomplain sama customer, 'Gila gede banget'. Saya jelasin namanya bebek jumbo, bila bebek imut kelak jadi dikomplain sekali lagi, " katanya sekali lagi.