BREAKINGNEWS.CO.ID -  Perjalanan panjang LIDA 2020 kian mendekati akhir untuk mengetahui siapa yang akan menjadi juara di ajang kompetisi dangdut terbesar di Indonesia ini. 18 duta terbaik telah terpilih untuk melanjutkan perjalanan di panggung LIDA 2020 dan mengharumkan provinsi tercintanya. 

Pada Konser LIDA 2020 Top 18 Group 2 yang berlangsung  Senin (23/3/2020),  tiga kontestan  sukses bikin dewan juri terpukau. Mereka adalah Janna (Papua Barat), Defri (Kepulauan Riau) serta  Hari (Jambi). Janna yang tampil perdana dan mengerahkan seluruh kemampuan saat membawakan lagu “Bertaruh Rindu” berhasil meraih tiga  standing ovation  dari  Dewan Juri. 

Keberhasilan  serupa juga diraih Hari (Jambi) yang sukses memperoleh seluruh standing ovation. Manisnya lagu “Gulali” yang di bawakan Hari menuai berbagai pujian pada penampilannya semalam. Dewan Juri menilai Hari dapat mengolah lagu yang dibawakannya dengan sangat apik.

Ditambah penggunanan bahasa Arab pada intro, menjadikan instrument lagu yang dibawakan Hari pun menjadi lebih fresh. Lesti yang dibuat salah tingkah dengan tatapan manis Hari  pun melontarkan pujiannya,  “Terimakasih Hari,   kamu sudah mengeksekusi lagu ini dengan baik” puji Lesti.

Persaingan di panggung LIDA 2020 semalam ditutup dengan penampilan  Defri (Riau) yang menyanyikan lagu “Gadis Melayu”. Sayang,  apa yang ditampilkan kontestan terakhir ini  menuai banyak  kritik  dari kelima Dewan Juri.  “Menjadi penyanyi itu tidak mudah, harus menguasai setiap lagu yang akan kita bawakan. Kamu harus sering mendengarkan lagu agar tidak kejar-kejaran dengan temponya”,  kritik Dewi Perssik.

Perolehan akhir Konser LIDA 2020  Top 18  Group 2  menempatkan  Hari (Jambi)  sebagai pemuncak dengan nilai 34.39% disusul oleh Defri 33.18% dan diposisi terakhir Janna 32.43%. Namun perolehan ini membuat Defri harus berbesar hati tersenggol dari panggung LIDA 2020 karena Dewan Juri  memilih  menyelamatkan Janna dengan memberikan tiga bintang untuk lolos ke babak selanjutnya.

Konser LIDA 2020 Top 18 masih akan terus bergulir dengan menampilkan Group 3 yang terdiri dari Aco (Sulawesi Tenggara), Eva (Nusa Tenggara Barat) dan Zahra (Riau)