BREAKINGNEWS.CO.ID - Bagi penggemar musik, tentu banyak yang mengira bahwa ada banyak hasil karya yang diciptakan mirip atau sering disebut plagiat. Mulai dari lagu Indonesia dengan lagu luar negeri. Kasus plagiat memang masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Kali ini datang dari penyanyi Syahrini.

Belum usai dengan banderol tiket konser dengan harga Rp25 juta, kini Syahrini kembali menghebohkan dunia maya dengan kabar lagunya dinilai menjiplak karya Bruno Mars. Lagu terbaru Syahrini berjudul Gubrak Jeng Jeng Jeng dianggap mirip dengan salah satu lagu keluaran Bruno Mars yang berjudul Runaway Baby. Bahkan video yang menampilkan kemiripan lagu Syahrini dan Bruno Mars kini telah beredar luas di media sosial dan beberapa akun Instagram gosip.

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bukan Akun Haters / Fanbase ? (@lambe_turah) pada

 

Sekilas, memang ada beberapa kemiripan pada nada maupun musik antara lagu “Gubrak Jeng Jeng” dengan “Runaway Baby”. Tak ayal komentar dari netizen pun mendadak ramai dan banyak yang sependapat kalau lagu yang dinyanyikan Syahrini sangat mirip dengan lagu Bruno Mars.

"Tuh kan… syantik aja kamu ributin julid kan yang laen situ malah nyontek,” kata seorang warganet.

“Googling UU Hak Cipta Musik tahun 2002 deh. Aturan Plagiat tidak lagi cuma dibatasi 8 bar. Jika sudah terdengar mirip seperti lagu orang lain maka sudah dikatakan plagiat. Saya ngefans sama Teh Melly tapi menurut kupingku sih, ini lagu terlalu banyak miripnya,” kata warganet yang lain.

"Googling UU Hak Cipta Musik tahun 2002 deh. Aturan Plagiat tidak lagi cuma dibatasi 8 bar. Jika sudah terdengar mirip seperti lagu orang lain maka sudah dikatakan plagiat. Saya ngefans sama Teh Melly tapi menurut kupingku sih, ini lagu terlalu banyak miripnya," kata warganet yang lain.

"Mirip iya, tapi nggak plek ketiplek. Wajar sih kalau dalam industri musik mirip-mirip. Lah si barat aja yang plek ketiplek banyak. Beyonce yang dipuja puja aja, banyak ngopy lagu atau gaya penyanyi lain," ujar warganet lain.

"Mirip sekilas aja kayaknya. Tanpa sugesti dari caption pun kayaknya nggak sama orang langsung nangkep kalau lagu ini mirip atau dimirip-miripin," timpal warganet lain.