BREAKINGNEWS.CO.ID-Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo merilis pihaknya kembali menangkap seorang pelaku penyebaran kasus berita bohong atau hoax 7 kontainer surat suara tercoblos. Pelakunya berinisial J, ditangkap di daerah Brebes, Jawa Tengah.

"Ada tambahan untuk pelaku yang sudah diamankan atas nama J. Pelaku diamankan di wilayah Polres Brebes," kata Dedi kepada wartawan di Mabes, Senin (7/1/2019).

Menurut Dedi, saat ini pelaku sedang diperiksa tim gabungan Polres Brebes dan Polda Jawa Tengah. Penangkapan J menambah daftar pelaku yang telah berhasil ditangkap setelah pria berinisial HY dan LS ditangkap beberapa hari lalu.

"Pria berinisial J ini sama dengan 2 tersangka yang diamankan, atas nama HY yang di Bogor dan LS yang di Balikpapan. J memiliki peran menerima konten tanpa mengklarifikasi dan mengkonfirmasi, langsung memviralkan baik melalui akun Facebook-nya maupun akun WA grupnya," jelas Dedi.

Dedi menyampaikan pihaknya terus memburu pelaku pembuatan konten hoax 7 kontainer surat suara tercoblos yang membikin geger itu. Termasuk menelusuri orang yang pertama kali menyebarkan hoax hingga akhirnya menjadi viral di media sosial.

Dalam kasus ini Kepolisian memfokuskan penelusuran terhadap kreator dan buzzer. "Kami fokuskan ke kreator dan buzzernya, karena kreator yang paling bertanggung jawab membuat berita hoax tersebut. Kemudian buzzer memiliki tugas memviralkan pertama kali ke seluruh akun media sosial, kemudian diikuti oleh akun-akun masyarakat tanpa mengkonfirmasi dan tanpa mengklarifikasi," terang mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini.