JAKARTA – Lady Gaga kembali memutuskan untuk membatalkan tur konsernya keliling Eropa. Hal ini terpaksa ia lakukan, setelah pada pekan lalu juga membatalkan penampilannya di sebuah festival musik di Rio de Janeiro pada pekan lalu.

Gaga membatalkan konsernya karena sakit fisik parah sehingga harus menjalani perawatan medis, seiring penyakit Fibbromilagia yang dideritanya. Mengutip laman Docdoc.com, Selasa (19/9/2017), Fibromyalgia adalah nyeri pada tulang dan otot yang menjalar ke bagian dalam tubuh dari lokasi nyeri tersebut berasal. Kondisi ini dapat menyerang berbagai bagian dari tubuh serta dapat berlangsung hingga beberapa tahun.

Di media sosial, Lady Gaga mengungkapkan kekecewaannya pada warganet lantaran banyaknya komentar tak sedap. “Saya tidak bertindak dramatis, mengada-ngada, pura-pura menjadi korban demi membatalkan tur. Jika kalian mengenal saya, kalian tahu itu itu tidak benar,” kata Gaga dalam salah satu keterangannya di situs pribadi seperti dikutip Reuters, Selasa (19/9/2017).

“Saya selalu jujur tentang kesehatan fisik dan mental,” katanya lagi. “Sulit dan rumit untuk dijelaskan, dan kami sedang mencari tahu lebih dalam.”

“Saat saya sudah semakin sehat dan siap, saya akan bercerita lebih banyak, dan berencana untuk tak hanya membuat orang tahu, tapi agar ada riset lebih lanjut untuk mereka yang menderita hal yang sama, jadi saya bisa membantu membuat perbedaan,” sambung penyanyi itu.

Tur Eropa Lady Gaga dibuat untuk mempromosikan album terbaru “Joanne” yang seharusnya dimulai pada 21 September di Barcelona, Spanyol, dan berlanjut hingga enam pekan. Turnya ditunda hingga 2018.