BREAKINGNEWS.CO.ID - Pecinta olahraga balap sepeda jalan raya (road bike) di Indonesia saat ini bisa merasakan ketegangan dan sensasi ala balap sepeda legendaris, Tour de France melalui L'etape Indonesia by Tour de France yang dipersembahkan oleh penyelenggara Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization) yang bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia Rocca.

Pada tahun 2020, acara balap sepeda bertaraf internasional tersebut akan diselenggarakan sebanyak 20 kali yang diadakan serta dilaksanakan di 13 negara yang meliputi Kolombia, Swiss, Amerika, Meksiko, Cina, Australia, Thailand dan Indonesia yang merupakan negara kedua di ASEAN.

Untuk pertama kalinya acara ini terselenggara di Indonesia, di area Kuta Mandalika, Lombok pada tanggal 5 April 2020 mendatang, yang dibuka untuk para pehobi sepeda. Event Direktur L'etape Indonesia by Tour de France, Zacky Badrudin, pada Rabu (26/2/2020) di Jakarta, mengatakan "Tour de France sebagai salah satu lomba balap sepeda legendaris di dunia menarik minat jutaan penggemar balap sepeda untuk merasakan sensasi lomba secara langsung baik dari lokal maupun internasional, saat ini sudah ada hampir 20 negara yang terdaftar untuk mengikuti acara ini. Rocca sebagai promotor dan sport management olahraga di Indonesia mencoba menghadirkan sensasi balap sepeda ala Tour de France untuk pehobi dan komunitas sepeda di Indonesia melalui L'etape Indonesia by Tour de France."

Sensasi balap sepeda ala Tour de France benar-benar dituangkan oleh L'etape Indonesia by Tour de France. Mulai dari inagurasi jawara tanjakan King of Mountain (KOM) dengan polka dot jersey, jersey hijau untuk jawara sprint, dan pemenang lomba secara umum yang memperoleh jersey kuning, serta jersey putih untuk pemenang Youth Category. Secara umum, L'etape Infonesia by Tour de France akan menawarkan dua kategori lomba, 135 km dan 80 km. "Pilihan dua jarak lomba ini untuk memberikan sensasi lebih kepada para peserta ala Tour de France sekaligus menawarkan pengalaman lebih untuk menikmati sport tourism yang sedang happening di Indonesia. Keriaan dan sensasi ala Tour de France akan kami bawa ke Indonesia melalui L'etape Indonesia by Tour de France," ungkap Zacky.

Lebih lanjut, Zacky yakin acara ini dapat menjadi salah satu penggerak ekonomi kreatif. "Kami yakin dengan adanya venet berskala internasional ini akan menjadi salah satu penggerak ekonomi kreatif, akan menghasilkan perputaran ekonomi dan peningkatan pendapatan yang akan dirasakan langsung oleh daerah setempat melalui transaksi Transportasi & Akomodasi, Festival UMKM, Festival makanan dan minuman yang tentunya hal ini akan berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan."

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, mengatakan L'etape Indonesia sendiri akan diselenggarakan di area Kuta Mandalika Lombok yang menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah. Kawasan yang dijuluki dengan The New Bali ini menawarkan pemandangan yang indah dan jajaran pantai berpasir putih. "Kuta Mandalika menjadi salah satu fokus pariwisata yang dikembangkan oleh provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara infrastruktur dan jalur, Kuta Mandalika siap menjadi penyelenggara event berskala internasional," tutur Zulkieflimansyah.

Di sisi lain, Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) mendukung penuh acara L'etape Indonesia by Tour de France. ISSI menyambut baik penyelenggaraan event balap sepeda bertaraf internasional itu. "Pehobi balap sepeda di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat selama tiga tahun terakhir. Animo yang tinggi ini ditangkap baik oleh banyak penyedia tur sepeda amatir seperti L'etape Indonesia by Tour de France, yang memberikan sensasi balap sepeda ala pesepeda profesional. ISSI berharap dari event-event amatir seperti ini akan lahir pebalap-pebalap sepeda masa depan Indonesia yang berjaya di kancah nasional maupun internasional," ungkap Bagus Herwanto, perwakilan dari ISSI.