JAKARTA – Bek Manchester City, Kyle Walker menegaskan jika dirinya siap untuk menjalani peran sebagai bek tengah tim nasional Inggris pada Piala Dunia 2018 ini, meski peran tersebut bukanlah hal yang disukainya. Namun demi timnas Inggris, bek ini pun rela mejalani posisi baru sebagai gelandang tengah seperti yang diinginkan pelatih. 

Pemain berusia 28 tahun tersebut, belakangan ini memang kerap dimainkan sang manajer Gareth Southgate sebagai bek tengah dalam formasi tiga bek skuat The Three Lions. Meski ia yang lebih sering tampil di bek kanan bersama Manchester City, namun ia terpaksa melakoni sejumlah laga pemanasan dengan peran barunya tersebut jelang berangkat ke Rusia.

Dengan peran barunya tersebut, tak heran jika banyak yang memprediksi jika pemain Manchester City tersebut akan kesulitan karena posisi itu jauh dari preferensinya. Akan tetapi, Walker tak peduli dengan semua itu, ia menyatakan siap melakoni peran barunya di skuat Timnas Inggris.

Siap Piala Dunia 

"Jika Anda bertanya di mana saya ingin bermain, tentu saja saya ingin bermain sebagai bek kanan," ungkap Walker seperti dikutip dari Press Association Sport pada Rabu (13/6/2018). "Saya telah bekerja sepanjang karier untuk bisa membuktikan bahwa saya bisa menjadi yang terbaik di dunia ketika memainkan posisi saya," jelasnya.

"Saya merasa bisa memamerkan itu di Piala Dunia tapi ini semua soal apa yang harus saya lakukan untuk tim. Jika pelatih meminta saya bermain sebagai bek tengah, mengapa tidak? Secara relatif pengalaman baru bagi saya, tapi ini jadi kemampuan baru saya. Selama saya berada di lapangan, itulah yang terpenting. Jika pelatih merasa saya akan lebih berkembang bermain di posisi tersebut, saya akan menerimanya,” pungkasnya.

Selanjutnya, The Three Lions akan membuka kampanye di Piala Dunia 2018 pada fase Grup G dengan menghadapi Tunisia pada 18 Juni mendatang sebelum berhadapan dengan Panama dan Belgia. Piala Dunia 2018 ini adalah turnamen paling bergengsi pertama yang akan dijalani Kyle Walker, tentunya dia tak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk turun membela timnas Inggris meski bukan di posisi favoritnya selama ini.