BREAKINGNEWS.CO.ID- Para Kyai dan Jemaah Nahdatul Ulama (NU) seluruh Jakarta Pusat (Jakpus) mendeklarasikan dukungan untuk calon nomor urut 01 yakni Jokowi-Maruf Amin dalam Pilpres 2019 mendatang. Acara tersebut diadakan di Rumah Situbondo, Menteng, Jakpus, Rabu (7/11/2018) pagi. 
 
"Mereka ingin mendukung Pak Jokowi dan saya capres-cawapres 2019. Saya kira ini dukungan spontanitas dari para ulama dan para warga NU se-Jakpus tapi perwakilannya," ujar Maruf usai deklarasi. 
 
Maruf pun meminta mereka supaya menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari pihak yang ingin merusak dan memecah belah bangsa. 
 
"Kita menjaga negara ini menjadi kewajiban kita warga NU karena memang bagi kita, NKRI harga mati. Karena itu, kita harus menjaga upaya-upaya yang ingin merusak, membelokkan, memecah belah. Karena itu kita harus menjaga keutuhan bangsa ini," katanya. 
 
Menurut mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini, apabila NKRI tak utuh maka akan menimbulkan perpecahan dimana-mana. Sehingga Maruf meminta semua pihak memperkuat kesatuan bangsa. 
 
"Tanpa keutuhan, negara ini tdk akan bs terlindungi. Krn itu kita hrus bersama menjaga, membina, memperkuat keutuhan dan kesatuan bangsa," katanya  

Sebelumnya, sejumlah Alim Ulama, Ustadz, Keluarga Besar Nahdlatul Ulama dan Tokoh Masyarakat se-Jakarta Selatan mendatangi Cawapres nomor urut 1, Ma'ruf Amin pada Jumat (2/11/2018) subuh. 

Sebagai bentuk dukungan kepada Ma'ruf Amin, mereka bersepakat dan menyampaikan deklarasi dukungan yang diberi nama Deklarasi Situbondo 12, tempat Prof. KH. Maruf Amin saat ini tinggal. Isi deklarasi sebagai berikut:
 
DEKLARASI SITUBONDO
 
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur untuk HIJRAH MENUJU INDONESIA MAJU, kami ALIM ULAMA SE JAKARTA SELATAN
Dengan ini menyampaikan MAKLUMAT SEKALIGUS PERNYATAAN SIKAP sebagai berikut:
 
1. Berkhidmat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari potensi ancaman laten baik dari dalam maupun luar.
 
2. Berparisipasi aktif mengamankan dan menjaga PEMILU 2019 yang JUJUR DAN ADIL berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
 
3. Turut ambil peran merawat dan memelihara Ke-Bhenika Tunggal Ika-an di masyarakat dengan mengedepankan Persatuan dan Kesatuan berpijak pada semangat Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah, dan Ukhuwah Basyariyyah.
 
4. Mengajak masyarakat untuk memilih Pemimpin yang visioner, berintegritas, berakhlaqul Karimah demi masa depan Indonesia yang Berketuhanan Yang Maha Esa, berprikemanusiaan yang adil dan beradab serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
 
5. Menyatakan dukungan total kepada pasangan Capres dan Cawapres nomor 01 Joko Widodo – Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memilih PASANGAN TERBAIK, SINERGI UMARO DAN ULAMA pada hari pencoblosan. BELA ULAMA, DUKUNG ULAMA, PILIH ULAMA! BERSAMA 01 INDONESIA MAJU!