BREAKINGNEWS.CO.IDKepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs. Agus Andrianto SH, MH menerima laporan kesiapan panitia Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (HUT Satpam) ke-39 yang akan dilaksanakan pada 22 Januari 2020 di Lapangan Sepolwan, Jakarta.
 
Pertemuan yang digelar di 
Ruang Kerja Kabaharkam Polri di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (14/1/2020) itu dihadiri Kakorbinmas, Dirbinpotmas, Kasubdit jajaran Korbinmas Baharkam Polri, Wakil Direktur Binmas Polda Metro Jaya, serta pimpinan sekuriti selaku Panitia HUT Satpam.

Kepanitian HUT Satpam kali ini disusun dan dilaksanakan oleh Satpam sendiri. Sementara pihak Polri hanya sebagai pengarah kegiatan.

Usai menerima laporan, Kabaharkam Polri menyambut baik tujuan kegiatan yang direncanakan dan diselenggarakan oleh para Satpam. Ia berharap, semua persiapan dapat dimatangkan hingga hari H, sehingga tujuan dari Satpam untuk Satpam dapat terwujud.

Di usia Satpam yang menginjak 39 tahun, Kabaharkam Polri berpesan, ke depan agar dibuat telaahan staf terkait tampilan Satpam menyerupai seragam Polisi. Contohnya seperti di negara Malaysia, Singapura, Jepang dan lain-lain, hadirnya Satpam dengan seragam mirip Polisi ternyata efektif mengurangi terjadinya tindak pidana (kejahatan).

"Banyaknya kejadian kejahatan adalah bukti kegagalan dalam menjalankan fungsi preemtif dan preventif yang diemban oleh Korbinmas Baharkam Polri dan jajaran," kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Oleh karena itu, menurut Kabaharkam Polri, membuat seragam Satpam tampak seperti seragam Polisi perlu dilakukan. Dengan maksud akan menjadi perpanjangan tangan Polri, khususnya jajaran Binmas, hadir di tengah-tengah masyarakat.

Sementara, pembinaan Satpam oleh jajaran Korbinmas Baharkam Polri juga perlu terus ditingkatkan, baik secara regulasi maupun implementasi.

"Banyak kreasi yang harus kita kerjakan untuk kamtibmas di negeri ini," tegas Agus Andrianto.