BREAKINGNEWS.CO.ID – Mantan pembalap Formula 1, Robert Kubica telah menyiapkan diri untuk mencari alternatif balapan lain jika dirinya gagal kembali ke lintasan Formula 1 musim depan. Hal tersebut diutarakannya kepada Motorsport jelang balapan seri Singapura yang akan berlangsung di sirkuit Jalan Raya Marina Bay pada akhir pekan ini.

"Saya telah menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk mendapat kesempatan itu. Prioritas saya adalah berada di starting grid GP Australia 2019 medatang. "Tapi jika itu tak terjadi, saya akan mempertimbangkan kejuaraan lain, atau peran yang berbeda. Untuk sekarang, saya masih fokus mendapat kesempatan [membalap di F1,” kata Kubica.

Kubica, yang mengalami cedera serius setelah kecelakaan reli parah pada 2011, sudah beberapa kali mengatakan bahwa ia tidak pernah ragu dengan kemampuannya berkompetisi di F1. Kendati demikian ia menyadari membutuhkan waktu untuk kembali mendapatkan "ritme".

"Ketika Anda sudah lama tidak melakukannya, atau hanya melakukannya setiap tiga bulan sekali seperti yang saya alami, maka sudah menjadi hal yang lumrah kita harus melewati sejumlah fase sebelum bisa mendapat ritme. Sebagai contoh, jika ada pemain tenis dilarang bermain selama enam tahun, meski ia tidak mengalami cedera. Kemudian ia hanya diberi waktu satu jam untuk berlatih dan langsung diturunkan ke final Wimbledon, kemungkinan besar ia akan kesulitan dibanding pemain yang sudah bermain secara reguler,” jelas mantan pembalap Red Bull Racing ini. 

"[Jika dapat kesempatan membalap musim ini] saya akan mendapat waktu lebih banyak di mobil dan saya tidak akan mempertanyakan kemampuan saya," ia menambahkan.

Sebelum batal, Kubica nyaris berlaga di World Endurance Championship musim ini di kelas LMP1. Ia menilai WEC tetap menjadi opsi jika F1 sudah tidak lagi memungkinkan. "Kategorinya berbeda dan tipe balapannya pun juga berbeda. Mungkin itu bisa jadi tantangan yang bagus," pungkasnya.