BREAKINGNEWS.CO.ID - Undian Babak kedua Kualifikasi Asia untuk Piala Dunia FIFA 2022 dan Piala Asia AFC China 2023 dilakukan pada Rabu (17/7/2019) di Kuala Lumpur, Malaysia. Undian yang dilakukan oleh Direktur Kompetisi FIFA Christian Unger dan pemain legenda Australia Tim Cahill. Ada yang unik dalam, undian kali ini karena Indonesia boleh dibilang terhindar dari tim-tim macan Asia. 

Indonesia berada dalam grup yang boleh dibilang seimbang. Bahkan Grup G ini memiliki cita rasa Asia Tenggara. Pasalnya Grup G ini diisi oleh timnas dari ASEAN, seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Satu tim lagi dari luar ASEAN juga tak terlalu mengrikan karena tim-tim ASEAN ini akan bersaing dengan Uni Emirat Arab.

Dalam undian tersebut akhirnya  menempatkan tim peringkat teratas di Asia, Republik Islam Iran, berkumpul di Grup C bersama Irak, Bahrain, Hong Kong dan Kamboja. Kali ini Iran mengincar penampilan ketiga berturut-turut di Piala Dunia FIFA 2022. Sebelumnya pada PD 2018 di Rusia, mereka nyaris saja gagal ke final Piala Dunia 2018.

Sementara itu Jepang, yang menjadi tim terbaik dari Asia di Piala Dunia FIFA 2018 juga kembali menjadi unggulan. Jepang yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 namun kalah dari Belgia di babak 16 besar, berada di Grup F bersama Republik Kirgistan, Tajikistan, Myanmar dan Mongolia.

Korea Selatan, yang selalu tampil di setiap edisi Final Piala Dunia FIFA sejak 1986, lagi-lagi jadi unggulan. Mereka akan bersaing dengan Lebanon, Korea Utara, Turkmenistan, dan Sri Lanka di Grup H Kualifikasi Asia.

Sementara Arab Saudi, yang sempat mengalahkan Mesir 2-1 di Piala Dunia FIFA 2018, akan menghadapi Uzbekistan, Palestina, Yaman dan Singapura di Grup D.

Australia, yang menjadikan Asia memiliki tim kelima di Final Piala Dunia setelah melalui Inter-Continental Playoff di Rusia 2018, juga jadi unggulan. Mereka akan bersaing dengan Yordania, Cina Taipei, Kuwait dan Nepal di Grup B.

Sementara Qatar akhirnya ditempatkan sebagai unggulan. Tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, berada di Grup E bersama Bangladesh, Oman, India dan Afghanistan. Namun undian kali ini bukan untuk tampil di Piala Dunia 202, namun mereka undian dalam rangka upaya mereka untuk mempertahankan Piala Asia AFC yang mereka menangkan dengan cara spektakuler di UEA Februari lalu.

China, tuan rumah untuk AFC Asian Cup 2023, kini harus siap melewati Suriah, Filipina, Maladewa dan Guam di Grup A. Jika sukses bisa saja mereka berpeluang untuk kali kedua tampil di Final Piala Dunia FIFA.

Dalam undian tersebut, Delapan juara grup dan empat runner-up terbaik akan maju ke Final Piala Asia 20FC China 2023. Seandainya gagal menjadi juara grup dan runner-up terbaik untuk penyisihan Piala Asia 2023, maka 24 tim terbaik berikutnya dari babak kedua kualifikasi bersama akan bersaing dalam kompetisi terpisah. Mereka akan memperebutkan 12 slot tersisa bagi 24 tim yang akan bermain Piala Asia AFC China 2023.

Sementara untuk kualifikasi final Piala Dunia 2022, Delapan juara grup dan empat runner-up terbaik akan masuk lagi dalam babak final kualifikasi untuk memperebutkan tempat di Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Seandainya Qatar memenangkan grup mereka, tujuh pemenang grup lainnya dan lima tim urutan kedua terbaik akan maju ke babak final kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2022. Hal yang sama berlaku jika Qatar finis sebagai salah satu dari empat tim urutan kedua terbaik, dengan runner-up grup kelima terbaik maju ke babak ketiga Kualifikasi.