BREAKINGNEWS.CO.ID – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dikabarkan membatalkan rencana pertemuannya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Argentina.

Pembatalan itu muncul berkaitan dengan konflik antara Rusia serta Ukraina yang tengah memanas saat ini. "Faktanya, kapal-kapal Ukraina belum juga dibebaskan. Saya memutuskan akan lebih baik bagi semua pihak apabila saya membatalkan pertemuan saya dengan Vladimir Putin," tulis Trump dalam akun Twitter-nya.

Tidak jauh sebelum pernyataan pembatalan tersebut, Trump memberikan komentar soal rencana pertemuannya dengan Putin. Dia menyebut kalau KTT G20 merupakan waktu yang sangat baik untuk pertemuan bersama dengan Putin. "Saya mungkin akan bertemu dengan Presiden Putin. Saya pikir ini saat yang tepat untuk mengadakan pertemuan," ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Kamis (29/11) waktu setempat, mengutip AFP.

Pertemuan KTT G20 sendiri berlangsung di balik bayang-bayang konflik yang tengah melanda Rusia dan Ukraina. "Saya menganggap perbincangan dengan Presiden Rusia sangatlah penting," katanya. Sebelumnya, Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov menuturkan kalau pertemuan antara Trump serta Putin akan berlangsung pada Sabtu (1/12) siang. Pertemuan itu akan membicarakan soal hubungan antara Rusia-AS.

"Kami perlu berpikir untuk mulai melakukan perbincangan perihal hubungan bilateral, keamanan strategis, dan pelucutan senjata, hingga konflik regional," ujar Peskov. "Kami tidak harus menyujui semua masalah. Lagi pula pertemuan ini tidak hanya untuk kepentingan kedua negara kami, itu untuk kepentingan seluruh dunia."