Milan--KTM telah menggoda penikmat motor dengan penampilan sekilas Duke 790 yang baru muncul selama setahun terakhir. Tapi penantian itu akhirnya berakhir juga. Penjelajah jalan asal Austria itu baru saja meluncurkan produk terbarunya di acara EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori/ pameran sepeda motor dan aksesoris internasional), di Milan, Italia. Kini produk itu siap dikonsumsi publik.

Duke KTM 790 dibangun di atas mesin kembar paralel LC8c all-new dan ultra-kompak, yang diklaim oleh KTM menghasilkan 103 hp pada 9.000 rpm dan torsi 63,6 pound-feet pada 8.000 rpm. Tenaga 100 hp itu dan berat kering yang diklaim 372 pound (mungkin 415 atau lebih penuh bahan bakar) membuat klaim KTM bahwa motor baru ini adalah "senjata jalanan utama" yang tampak cantik.

Selain itu, Duke 790 menikung dengan sistem ABS, mode Supermoto (ABS belakang yang dapat dilepas), kontrol traksi yang sensitif terhadap sudut ramping, dasbor TFT warna penuh, kontrol peluncuran, dan quickshifter . Semua piranti itu adalah  standar.

Bingkai adalah unit baja-teralis yang menggunakan motor sebagai anggota frame yang tertekan untuk membantu menghemat berat. Suspensi ditangani oleh WP, dengan garpu 43mm di bagian depan dan monoshock di bagian belakang. Garpu ini tidak disesuaikan, sedangkan bagian belakang dapat disesuaikan untuk preload musim semi.

Belum ada kabar harga, tapi kabarnya motor itu akan datang ke AS pada musim gugur 2018 sebagai model 2019.