BREAKIGNNEWS.CO.ID - Kota Garut, Jawa Barat merupakan salah satu kota yang sejuk dan dingin dimalam hari. Bukan Kota Garut diibaratkan sebagai Swiss-nya Pulau Jawa. Keramah-tamahan ini makin diakrabkan dan diramaikan dengan disinggahinya Kirab Obor Asian Games 2018 di Kota Garut.

Sejumlah pentas seni tradisional yang ditampilkan di beberapa titik kawasan perkotaan Garut meriahkan kegiatan rangkaian Kirab Obor Asian Games 2018 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu 12 Agustus 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan mengatakan, ada 12 kesenian daerah yang ditampilkan dalam rangkaian Kirab Obor Asian Games di Garut. "Ada sekitar 12 titik yang akan disuguhi kesenian tradisional seperti silat, perkusi calung dan lainnya," kata Budi.

Ia menuturkan, pemerintah daerah bersama instansi lain berupaya untuk mensukseskan dan memberikan pelayanan yang berkesan dalam kegiatan Kirab Obor tersebut. Salah satunya dengan mempromosi wisata di Garut.

Torch Relay Kota Garut.

"Kami senang sekali bisa menyambut pada hari ini. Swiss Van Java juga menjadi julukan sendiri karena disini banyak oleh oleh cokelat yang enak. Maka dari itu, Kirab Obor ini pastinya akan menjadi kebanggaan dan kesuksesan bagi masyarakat Garut dan Indonesia" tambah Rudi Gunawan Bupati Garut.

Pentas seni dan budaya itu digelar saat penyambutan Kirab Obor Asian Games 2018 yakni di Tugu Pertempuran Kubang sebagai jalan utama Bandung-Garut, SPBU Tanjung, Persimpangan Jalan Cipanas, kawasan Pujasega, Pos Polisi Alun-alun Tarogong, dan Kantor PLN Garut.

Selanjutnya memasuki kawasan perkotaan yakni pentas seni di Simpang Lima, Pertigaan Jalan Cimanuk sekitar Kampus STTG, Bunderan Leuwidaun, kemudian dua titik di Jalan Cimanuk, dan terakhir di Alun-alun Garut.

Pentas seni yang ditampilkan yakni pencak silat, surak ibra, marawis, perkusi, keroncong, arumba, reog, domba catwalk dan bobodoran, kemudian permainan musik, dan marching band. Penampilan pentas seni ini pun sangat meriah dengan didukung ramainya anak anak sekolah dan warga sekitar yang ikut bergabung.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna menyatakan, jajarannya bersama TNI dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Garut juga sudah siap mensukseskan dan mengamankan pesta Kirab Obor Asian Games 2018.

Torch Relay Kota Garut.



Ia berharap seluruh lapisan masyarakat ikut menjaga dan mensukseskan Asian Games 2018 sebagai upaya menjaga nama baik Indonesia sebagai negara yang dipilih menyelenggarakan pesta olahraga berbagai negara di Asia.

"Kami siap untuk melaksanakan kirab obor pada hari ini. Pengamanan ini juga merupakan untuk menjaga nama baik Indonesia, bukan hanya Garut saja" kata Budi.