BREAKINGNEWS.CO.ID-Kontingen Indonesia untuk Asian Games XVIII/2018 beberapa saat lagi akan dikukuhkan, Minggu (5/8/2018) sekitar pukul 15.30 WIB. Acara pengukuhan dilangsungkan di Istora Senayan, kemungkinan besar oleh Menko PMK Puan Maharani didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir, yang juga ketua umum Inasgoc, panitia penyelenggara Asian Games XVIII/2018.

Saat ini tengah dilakukan gladi resik acara pengukuhan yang mendapat perhatian besar dari media-massa. Turut serta pada acara pengukuhan kontingen ini empat pegulat Indonesia yang disertai dua pelatihnya, dipimpin manajer tim Gusti Randa. Empat pegulat tersebut adalah Papang Ramadhani, Afriansyah, Desi Sinta dan Mutiara Ayuningtyas. Dua pelatihnya, Zulhaidir dan Fathur Rahman. Mereka mewakili Timnas Gulat Asian Games Indonesia yang seluruhnya bermaterikan 18 atlet. 

Jumlah atlet Indonesia di Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang 18 Agustus-2 September, akan menjadi yang terbanyak. Angkanya tujuh kali lipat dibandingkan jumlah atlet yang ikut serta di Asian Games Icheon, Korea Selatan, empat tahun lalu.

Jika empat tahun lalu, Indonesia mengirimkan 188 atlet, untuk penyelenggaraan yang ke-19 kali ini, akan ada 937 atlet yang bertanding di 40 cabang olah raga. Bila ditambah manajer, tenaga pendukung, dan pelatih, total kontingen Indonesia adalah 1.303 orang.

Menurut keterangan Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Komjen Pol.Syafruddin, acara pengukuhan kontingen akan diikuti sekitar 500 atlet dan ofisial. Karena memang tidak semua atlet dan ofisial mengikuti acara pengukuhan ini. "Sebagian juga masih berlatih di luar negeri, sekitar 30 persen, menjalani rangkaian program uji coba," kata Komjen Pol.Syafruddin.

Disebutkan, masih ada 337 atlet dan ofisial yang masih menjalani uji coba di luar negeri. Mereka akan kembali ke Indonesia sebelum 10 Agustus 2018. Pada 10 Agustus, kontingen Asian Games Indonesia akan diterima dan dilepas oleh Presiden Joko Widodo di Istana Nagara.

"Nantinya, setelah upacara pelepasan oleh Presiden, para atlet akan langsung menuju arena pertandingan guna mempersiapkan diri. Cabang olah raga sepak bola akan bermain pertama. Jadi, yang ke Palembang ya ke sana, yang di Jawa Barat (sepak bola) langsung ke arena," ucap Syafruddin.

Andalan
Dari 36 cabang olah raga yang akan diikuti oleh Indonesia di Asian Games 2018, berdasarkan analisis Deputi IV Kemenpora, ada 10 cabang olah raga andalan yang akan menjadi tumpuan Indonesia untuk mendulang medali emas. Sepuluh cabang olah raga tersebut yakni paralayang, jet ski, bridge, pencak silat, dayung, bulutangkis, wushu, angkat besi, panjat tebing, dan taekwondo.

Indonesia mematok bisa meraih 12 emas dalam Asian Games nanti guna memperbaiki peringkat Indonesia di multieven se-Asia tersebut. Empat tahun lalu, Indonesia finis di posisi 17.

Mulai 7 Agustus 2018
Sementara itu, diperkirakan kontingen Asian Games akan mulai berdatangan pada 7 Agustus 2018. Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 sudah mempersiapkan diri menyambut kedatangan atlet.

Ketua Inasgoc Erick Thohir meminta agar jangan sampai ada penumpukan kedatangan dan kepulangan. Para atlet yang sudah terakreditasi harus langsung dibawa ke Wisma Atlet di kawasan Kemayoran.

"Jangan sampai ada penumpukan di bandara. Hal yang dikhawatirkan justru kepadatan pada jadwal kepulangan 3 September, sehari setelah menutupan. Hal itu yang harus diantisipasi, mulai dari kemacetan, hingga penumpukan di imigrasi," tuturnya.