BREAKINGNEWS.CO.ID – Pebulutangkis ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon, berhasil mendominasi persaingan di sektor ganda putra bulutangkis sepanjang tahun 2018. Keduanya pantas menjadi atlet terbaik Indonesia untuk tahun 2018 ini.

The Minions, julukan Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon, mengawali tahun 2018 dengan beban berat di pundak mereka. Raihan tujuh gelar di tahun 2017 lalu membuat mereka dituntut untuk bisa mengulangi prestasi tersebut. Kevin/Marcus lalu memulai tahun 2018 dengan raihan gelar juara di Indonesia Masters 2018. Pada turnamen ini, Kevin/Marcus mengalahkan pasangan ganda putra asal Cina, Li Junhui/Liu Yuchen di babak final dengan skor 11-21, 21-10, 21-16.

Sukses di Indonesia berlanjut di India Open. Kevin/Marcus tidak kehilangan satu gim pun dalam upaya mereka meraih gelar juara. Di babak final, Kevin/Marcus mengalahkan pasangan ganda putra wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, 21-14, 21-16. Sukses paruh pertama Kevin/Marcus ditutup dengan keberhasilan di All England. Kevin/Marcus mampu menaklukkan pasangan ganda putra asal Denmark lainnya, Mathias Boe/Carsten Mogensen di babak final dengan skor 21-18. 21-17. Hal ini membuat Kevin/Marcus mempertahankan gelar All England yang mereka dapat pada tahun sebelumnya.

Setelah gagal di Malaysia Terbuka yang merupakan turnamen perdana mereka usai absen turnamen individu dalam jangka tiga bulan, Kevin/Marcus kembali menghentak di Indonesia Terbuka. Kevin/Marcus tampil apik dan meraih gelar perdana di Indonesia Terbuka dengan mengalahkan Takuto Inoue/Yuki Kaneko, wakil dari Jepang dengan skor 21-13, 21-16.

Performa apik di enam bulan awal gagal diteruskan Kevin/Marcus di Kejuaraan Dunia. Kevin/Marcus tersingkir di babak perempat final. Akan tetapi sebagai balasan, Kevin/Marcus sukses meraih medali emas Asian Games 2018 di Indonesia dua pekan berselang. Kevin/Marcus berhasil mengalahkan sesama wakil dari Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, 13-21, 21-18, 24-22 di babak final.

Sukses Asian Games meningkatkan kepercayaan diri Kevin/Marcus di pengujung musim. Kevin/Marcus meraih kemenangan di Jepang, Denmark, Cina, dan Hong Kong. Total, Kevin/Marcus masuk final di delapan turnamen seri Badminton World Federation (BWF) Tour dengan hasil tujuh gelar juara. Torehan medali emas Asian Games membuat Kevin/Marcus meraih sembilan gelar sepanjang 2018. Penampilan konsisten dan stabil tersebut membuat Kevin/Marcus juga tidak tergoyahkan sebagai pebulutangkius terbaik nomor satu dunia.