BREAKINGNEWS.CO.ID - Delapan pelaku yang kerap meresahkan masyarakat yang melancarkan aksi penjambretan di kawasan Tangerang, Banten, berhasil ditangkap polisi. Komplotan bandit jalanan yang diringkus ini berinisial WAP, HA, YL, M. CBK, KA, RS, FI dan KV. 

Dari catatan kepolisian terungkap para sudah 11 kali melancarkan aksi kejahatan penjambretan. Polisi pun baru bisa menangkap para pelaku setelah terakhir kali mereka menjambret telepon genggam milik seorang pedagang bakso bernama Cecep Nugraha (39). 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyampaikan, aksi penjambretan itu terjadi saat korban asyik bermain handpone sambil menunggu pelanggannya yang sedang menyantap bakso. 

"Saat itu tiba-tiba datang dua orang tidak dikenal dengan mengendarai sepeda motor, langsung mengambil handphone yang sedang dipegang korban dengan paksa," kata Argo kepada wartawan, Kamis (9/8/2018).

Dia mengatakan, polisi baru bergerak menangkap pelaku setelah Cecep membuat laporan ke Polsek Jatiuwung pada Selasa (7/8/2018) malam. Penangkapan dilakukan setelah polisi melacak pelat nomor kendaraan yang digunakan para penjambret. Dari kasus ini, delapan pelaku ditangkap di tiga lokasi berbeda di kawasan Tangerang. 

"Setelah mendapatkan hasil pengecekan Nomor Polisi, kemudian dilakukan pengejaran terhadap para pelaku. Kemudian para pelaku dibawa ke Komando Polsek Jatiuwung guna pemeriksaan lebih lanjut," kata Argo.

Atas perbuatannya, para pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan dan terancam bui lebih dari 12 tahun.