BREAKINGNEWS.CO.ID – Belum lama ini beredar sebuah pesan berantai yang mengatakan jika game elektronik yang mengandung kekerasan akan diblokir oleh Kominfo. Dan beberapa game ternama seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends juga ikut terseret dalam pesan ini. Dan menurut pesan tersebut, semua game itu akan diblokir pada tanggal 31 Januari 2019.

Menanggapi pesan berantai ini, pihak pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menyatakan jika kabar tersebut adalah murni hoax. Sebagai informasi, kabar soal pemblokiran game berbau kekerasan itu sudah disebarkan sejak akhir tahun 2018 lalu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Subdit Pengendalian Konten Internet di bawah Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika pada Kamis (10/1/2019), menegaskan jika pihaknya tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut.

Kominfo pastikan tidak akan blokir game Mobile Legends dan PUBG (Foto: Dok.Kominfo)

"Itu murni hoax,” jelas Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu kepada KompasTekno.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Elektronik, Kementerian Kominfo memang tengah mengembangkan klasifikasi dengan membagi ketentuan penggunaan berdasarkan kategori konten dan kelompok usia pengguna.

Pembagian kelompok usia itu sendiri terdiri menjadi lima kelompok, yakni kelompok usia 3 tahun atau lebih, kelompok usia 7 tahun atau lebih, kelompok usia 13 tahun atau lebih, kelompok usia 18 tahun atau lebih, serta kelompok semua usia.

Dan melalui keterangan resminya, pihak Kominfo menegaskan bahwa setiap kategori kelompok usia memiliki kriteria konten masing-masing. Untuk permainan dengan konten yang berkaitan dengan kekerasan hanya diperbolehkan untuk permainan elektronik untuk kategori usia 13 tahun ke atas dan tentunya dengan batasan tertentu.