BREAKINGNEWS.CO.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara menghadiri Perhelatan Hari Pers Nasional 2019 di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Jalan Walikota Mustajab, Kamis (7/2/19).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, bahwa dalam perkembangan digital saat ini, pers tidak perlu takut dengan perubahan. 
 
Justru, kondisi tersebut harus dimanfaatkan dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini karena insan pers senantiasa meningkatkan kapabilitas dan kapasitasnya, termasuk meningkatkan kompetensi secara digital.
 
Selama industri pers menjalankan etika dan profesionalisme, ia yakin digitalisasi tidak akan mempengaruhi perkembangan media. “Saya yakin selama insan pers senantiasa menjaga etika profesional, melakukan cover both side, industri pers kita akan tetap jaya,” katanya dalam sambutan pembukaan Pameran Karya Pers dan Teknologi Informasi dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Kamis (7/2/19).
 
Menurut Rudiantara, pers dan digitalisasi hadir bersamaan. Sebab digitalisasi tidak mengadakan konten atau substansinya (berita), tetapi digitalisasi hanya sebuah medium atau cara mengonsumsi berita saja. 
 
"Dulu cara menyampaikan berita dicatat dalam bentuk kertas, saat ini industri pers kita mulai beralih. Saya tidak pernah mendengarkan radio di radio, tapi melalui handphone. Jadi yang beralih hanya mediumnya,” katanya.
 
Pameran yang berlangsung selama tiga hari mulai 7-9 Februari 2019 ini diramaikan dengan stand-stand yang berasal dari industri pers serta media massa. Mulai dari media cetak, online hingga elektronik.
 
Selain itu, dalam pameran ini juga ditampilkan karya-karya jurnalistik seperti fotografi, serta stand dari kementerian, universitas, hingga stand UMKM.