BREAKINGNEWS.CO.ID – Derasnya isu Presiden Joko Widodo anti Islam walau sudah banyak berbuat untuk umat menjadi alasan utama Kesatuan Masyarakat Madani Indonesia (KMMI) menerbitkan buku  "Keislaman Jokowi". Acara peluncuran buku  karya Dr. Sri Yunanto . MSi setebal 163 halaman yang berlangsung di  Hotel Pangeran Beach Padang, Rabu (18/9/2019) itu, sekaligus juga bermaksud menjawab beragam tuduhan lain yang selama ini telah memojokkannya.

“Kami menggelar acara sebagai upaya untuk meluruskan persepsi sebagian masyarakat yang masih meragukan ke-Islam-an Bapak Joko Widodo karena derasnya  isu, hoax dan fitnah terhadap beliau,”ujar ketua pelaksana peluncuran Rovi Priadi, saat menyampaikan kata sambutan.

“Dengan buku ini, kami berharap masyarakat bisa lebih mengenal sosok beliau tak hanya sebagai  pribadi muslim yang taat dalam keseharian, namun secara fundamental juga untuk kehidupan berbangsa dan negara.”

Hal senada juga dinyatakan oleh Ketua Umum KMMI Ir. Hj. Chairum Rahmi yang menyebut bahwa peluncuran buku ini juga bertujuan untuk menghindari kontroversi dan persepsi negatif di tengah masyarakat. "Ada yang mengajak kami agar buku ini diluncurkan pada saat Pilpres, tapi kami tidak mau, karena nanti bunyinya pencitraan, pasti persepsi orang macam-macam karena pada masa Pilpres," ungkapnya.

Dirinya yakin bahwa buku yang ditulis oleh Dosen FISIP dan Pasca Sarjana Ilmu Politik, Universitas Indonesia (UI)  itu tak akan memunculkan kontroversi. Kalaupun ada, maka sudah jadi tugas semua pihak terutama yang sudah membaca karya ini menjelaskan bahwa Jokowi adalah seorang Islam yang baik. "Kita luruskan bersama-sama kalau Jokowi itu adalah seorang Islam yang baik, Islam sejak lahir dan sampai saat ini beliau melaksanakan ibadah dengan baik," ujar beliau.

Adapun Buya H. Mas’oed Abidin yang memberi sambutan dari kalangan alim ulama Sumbar mengatakan,   dengan diluncurkannya buku ini dapat mempersatukan bangsa, sehingga tidak ada lagi ungkapan bahwa Bapak Joko Widodo itu benci Islam. “Saya harap buku ini bisa mengedukasi warga, khususnya umat Islam. Diharapkan lahirnya buku ini bisa menyatukan umat dan tidak terpecah belah. Mari bersama-sama membangun Indonesia lebih baik kedepannya”, pesan ulama tersebut.

Dr. Sri Yunanto, MSi menyebutkan bahwa buku ini adalah karyanya tulisnya yang ke-30. “Di tengah banyaknya hujatan kepada Presiden terpilih Joko Widodo, saya berinisiatif mengarang buku tentang ke-Islam-an beliau, sehingga masyarakat Indonesia tahu Bapak Jokowi itu beragama Islam tulen dan sekaligus menepis isu yang berkembang dan memojokkannya”, ujar salah satu staf ahli Menkopolhukam  tersebut.