BREAKINGNEWS.CO.ID - Kabar bohong atau hoax dapat merusak tatanan bangsa. Karenanya, Calon Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu memerangi hoax.

"Kami mengajak kita semua untuk melawan dan memerangi hoax. Karena hoax merusak tatanan bangsa Indonesia," kata Ma'ruf dalam pernyataan penutup debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Ma'ruf kemudian menyinggung sejumlah hoaks yang menyebutkan, jika dirinya dan Joko Widodo (Jokowi) terpilih, maka Kementerian Agama (Kemenag) akan dihapus, suara azan dilarang, hingga zina dilegalkan.

Atas fitnah-fitnah itu, Ma'ruf pun bersumpah untuk melawan hoax.
“Saya bersumpah demi Allah akan saya lawan, upaya-upaya yang akan melakukan itu semua. Allah sudah mengatakan, in jaakum fasiqun binabain fatabayyanu, jika datang kepadamu orang fasik membawa berita, hendak ah kamu tabayyun, kamu cek, jangan terima saja," tegasnya.

Selain itu, Maruf dalam kesempatan yang sama juga mengatakan bahwa dirinya bersama capres Jokowi melanjutan dari pada apa yang telah dilakukan oleh pemerintahan Jokowi-JK untuk melakukan perbaikan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Hal itu, dikatakannya sesuai dengan prinsip yakni melakukan perbaikan yang lebih baik secara terus-menerus dan berkelanjutan apa yang dilakukan oleh Jokowi-JK adalah peletak dasar.

"Dan yang akan kami lakukan adalah memaksimalkan manfaat yang sudah ada. Yang akan kami lakukan adalah mengetahui, membesarkan dan menyempurnakan dan juga menambahkan manfaat dan maslahat yang sudah ada," ujarnya.

"Kami juga akan melakukan pergeseran strategi nasional dari yang semula titik berat pada infrastruktur pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Oleh karena, itu kami mohon doa restu kepada seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita dan dengan izin Allah dapat terwujud," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada debat ketiga ini mengusung tema tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan serta sosial dan kebudayaan. Debat kali ini juga dipandu oleh Alfito Deanova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator debat.

Debat antar cawapres ini juga disiarkan secara langsung oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV. Debat antara cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno ini akan dimulai pada pukul 20.00 WIB.