BREAKINGNEWS.CO.ID - Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap para korban Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara. Sampai siang tadi, belum ada korban baru yang berhasil ditemukan.

"Total penumpang yang berhasil ditemukan sebanyak 21 orang dengan rincian 18 selamat, sementara 3 meninggal dunia. Tercatat 192 penumpang yang dinyatakan hilang dalam peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun," kata Kepala Kantor SAR Medan Budiawan di posko Tigaras, Dolok Pardamean, Simalungun, Kamis (21/6/2018).

Data korban itu didasari laporan pihak keluarga ke poskoTigaras. Tetapi jumlah penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam pada Senin (18/6/2018) tersebut masih simpang siur lantaran tak ada manifes penumpang. "Jumlah korban diketahui dari pihak keluarga yang datang dan melapor kepada petugas di posko ini," ujar Budiawan.

Selain itu, ia juga mengatakan tim penyelam ikut dikerahkan dalam pencarian korban. Ada 10 perahu karet, tiga kapal Basarnas dan tiga kapal Polair yang menyisir area Danau Toba. "Untuk pencarian kita lakukan ke arah timur laut selatan karena banyak korban ditemukan dari arah sana," kata Budiawan.

"Pencarian juga akan diperluas hingga radius 6 Km dari lokasi karamnya kapal. Tim akan menyelam di seputaran kawasan itu," sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan jika KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara tersebut akibat kelebihan muatan. Budi mengatakan jika kapal tersebut seharusnya memuat penumpang sebanyak 43 orang penumpang saja. Namun kenyataannya, kapal tersebut memuat penumpang hingga 80 orang. "Berkaitan dengan kapasitas, kapal ini kapasitas adalah 43 orang," kata Budi Karya, Rabu (20/6/2018).

Sementara itu, polisi juga telah mengamankan Nahkoda KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, berinisial SS. Polisi belum melakukan pemeriksaan karena SS masih mengalami trauma. "Iya betul, sudah diamankan di Polres Samosir," kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara, AKBP Tatan Dirsan Atmaja.