BREAKINGNEWS.CO.ID-Ketua Umum PB Perserosi (Pengurus Besar Persatuan Sepatu Roda & Skateboard Seluruh Indonesia), Klemen Tinal, mengharapkan Tim Skateboard Indonesia akan bertarung habis-habisan di SEA Games XXX/2019, Filipina.

"Harapan saya tetap tinggi untuk mereka karena rata-rata para atlet skateboard adalah atlet berpengalaman dan andal dengan fighting-spirit yang luar biasa. Doa saya mereka bisa pulang dengan hasil membanggakan," harap Wakil Gubernur Papua ini saat dihubungi dari Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Tim skateboard Indonesia akan bertolak ke Manila, Filipina, Minggu (1/12) lusa. Saat ini tim skateboard Indonesia dalam kendisi prima dan siap tempur. Atlet skateboard Indonesia akan turun pada empat nomor: street, park, game of skate, dan downhill.

Sejak pemilihan timnas skateboard menuju SEA Games pada April lalu, para atlet langsung melakukan latihan spartan di lokasi latihan timnas skateboard di BSD Extreme Park, Tangerang Selatan.

Ke-11 skater Indonesia yang dipimpin pelatih kepala timnas skateboard, Jo Jaya Charles Kusuma yang akrab disapa Charlie ini bertekad tampil total di Filipina dan bisa memenuhi target dua medali emas yang dicanangkan PB Perserosi sebagai induk cabang skateboard.

Karena tujuan mulia ingin memenuhi target dua medali emas itulah, timnas juga melakukan persiapan dengankamelakukan TC di salah satu skatepark terkenal di Jepang, Higashi Shizuo, di awal bulan. Tentu saja Jepang menjadi negara Asia yang dipilih lantaran Jepang adalah negara yang mendominasi skateboard Asia.

Sedianya timnas skateboard juga akan melakukan sekali lagi uji coba di Amerika Serikat sepulangnya dari Jepang. "Uji coba di AS batal karena waktunya terlalu mepet," jelas Charlie, Kamis (28/11)

Batal menuju AS, Pevi Permana Putra dan kawan-kawan tetap menjalani latihan rutin mereka setiap pagi dan sore di arena BSD Extreme. Menurut Charlie, anak-anak harus menumbuhkan rasa percaya diri mereka yang tinggi saat tampil di Filipina.

"Target kami sudah jelas dua medali emas dan harapan untuk dua medali emas itu bisa dari dua skater putra, Jason Dennis Lijnzaat dan Sanggu Darma Tanjung. Tapi, kita tetap waspada, pasalnya tuan rumah Filipina akan menurunkan para atlet profesional dari AS yang tentu saja tak sebanding dengan kemampuan para atlet amatir kami. Tapi, saya minta anak-anak tak boleh kecil hati. Tetap tampil total demi Merah Putih," tutur Charlie yang juga dibantu pelatih Yudi A Toengkagie dan Ardi Poliie.

Nyimas Bunga Cinta dan kawan-kawan akan bertarung di SEA Games 2019 Filipina, mulai 1-11 Desember. Tentu saja, sebagai negara Asia dengan hitungan prestasi nomor dua di Asia setelah Jepang, selayaknya Indonesia bisa lebih percaya diri lantaran bisa menguasai cabang skateboard ini.

"Mungkin Filipina akan berat karena itu tadi, mereka pakai atlet profesional AS. Tapi kita juga tak bisa menyelepekan Thailand. terpenting anak-anak tetap fokus untuk memberikan yang terbaik. Pokoknya pantang mundur, apa pun rintangannya," ujar Charlie lagi.

Skuad Skater Indonesia di SEA Games Filipina 2019:

Skater pria

Street:Sanggu Darma Tanjung, Georgious Aldwin Angkawidjaya Park:Jason Dennis Lijnzaat, Pevi Permana Putra.

Game of skate:Basral Graito Hutomo, Sanggu Darma Tanjung Downhill:Andy Satria Permata

Skater wanita

Street: Kyandra Kaelani Susanto, Nyimas Bunga Cinta.

Park:Nyimas Bunga Cinta, Neepa Arundapta Pramesti

Game of stake:Kyandra Kaelani Susanto, Nyimas Bunga Cinta Downhill: Jessica RF Putri Sibarani