BREAKINGNEWS.CO.ID - Setelah Mochamad Iriawan atau Iwan Bule terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019), menetapkan Cucu Soemantri dan Iwan Budianto sebagai Wakil Ketua Umum masa bakti 2019-2024.

Cucu dan Iwan bersaing dengan empat calon waketum PSSI lainnya yaitu Djamal Aziz, Esti Puji Lestari, Hasnuryadi Sulaiman, Yesayas Oktavianus, serta Hinca Pandjaitan. Dalam pemungutan suara, Cucu mendapatkan 81 suara dan Iwan dengan 74 suara. Keduanya unggul jauh dari empat calon lainnya.

Sementara itu Esti, Hasnur, dan Yesayas hanya mendapat dua suara. Sedangkan Djamal serta Hinca meraih hanya satu suara dari 163 suara sah. Dalam pemungutan suara waketum PSSI periode 2019-2023 ini sebanyak 11 suara yang tidak sah.

Cucu sendiri mendeklarasikan diri maju ke Kongres Pemilihan PSSI bersama Iwan Bule yang baru saja terpilih sebagai ketua umum PSSI. Pria berusia 57 tahun ini juga memiliki latar belakang sepak bola. Cucu pernah jadi pembina klub PSDS Deli Serdang ketika bertugas sebagai Dandim 0204/Deli Serdang tahun 2000.

Pada 2006, Cucu juga terlibat dalam pembinaan wasit PSSI. Sementara itu, Iwan bukan sosok yang asing di kalangan PSSI. Mantan bos Arema FC itu di periode sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI.

Iwan menempati posisi tersebut setelah Plt Joko Driyono dipenjara karena kasus perusakan barang bukti pengaturan skor dan mundurnya Edy Rahmayadi dari posisi orang nomor satu PSSI setelah beberapa waktu bertugas sebagai Gubernur Sumatera Utara. Dalam periode awal kepengurusan PSSI periode 2015-2019, Iwan menjabat sebagai Kepala Staf Ketua Umum PSSI.