JAYAPURA - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) memberondong mobil Satgas Amole (Satgas Obyek Vital) di Mile 61 area Tembagapura Freeport , Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (24/11/2017) sekitar pukul 10.00 WIT.

Di dalam mobil jenis LWB dengan nomor lambung 01-4618 itu diketahui ada Komandan Satgas Amole AKBP Soeroso bersama dengan dua anggotanya, yaitu Brigpol Wahyu J Suseno serta Briptu Marga Ambar Prayogo.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan, peristiwa itu terjadi ketika mobil yang digunakan Komandan Satgas Amole melintasi Mile 61 dengan kondisi menanjak. Lalu, muncul enam orang anggota KKB dari tanggul samping jalan sambil menembaki kendaraan dengan jarak tempuh lebih kurang 25 meter.

“Beruntung saat itu anggota Pos Satgas Amole yang dekat dengan lokasi kejadian dengan cepat merespons suara tembakan sehingga mereka berhasil memukul mundur KKB. Sedangkan personel yang berada di dalam mobil berhasil dievakuasi,” kata Kamal, Jumat sore.

Kamal mengatakan, penembakan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau luka, namun mengakibatkan kaca mobil pecah serta kap mobil berlubang.

"Saat ini kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang diduga dilakukan oleh KKB. Dalam insiden ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka,” tutur Kamal.