JAKARTA - Satu lagi film yang akan menghiasi laya lebar bioskop Indonesia, kali ini film tentang budaya daerah Minangkabau berjudul Liam & Laila akan memulai proses pembuatan film. Film yang mengisahkan perjalanan tentang adat Minangkabau yang kuat juga unsur ke-Islaman ini disutradarai Arief Malinmudo, produksi Mahakarya Pictures film nasional yang sarat kearifan lokal dengan berbahasa Minang.

Film ini bercerita mengenai Liam, yang diperankan Jonatan Cerrada, pria asal Prancis yang jatuh cinta pada Laila (Nirina Zubir). Liam mendalami Islam dan ingin meminang Laila.

Waktu Liam terbatas. Ia hanya punya 30 hari untuk mendapatkan restu dan hati pihak Laila. Namun sayang, kenyataannya tak semudah angan, syarat adat yang diajukan oleh tetua dalam keluarga Minangkabau tak mudah dipenuhi. Perjuangan Liam pun dimulai.

Nirina Zubir dan Jonatan 



Sebagai film pertamanya, Jonatan antusias selama pengerjaan film. Terlebih, nama-nama besar yang terlibat dalam produksi film tersebut turut membimbingnya. Sosok Jonatan memang asing di telinga karena dirinya adalah seorang penyanyi jebolan ajang French Idol 2003.

"Ini pengalaman pertama buat saya di layar lebar. Sangat-sangat menarik. Saya belajar banyak lagi tentang akting, dan bagaimana berinteraksi dengan semua elemen pekerja film," kata Liam Minggu, 3 Juni 2018.

Selain nama-nama di atas, film ini juga dibintangi oleh David Chalik, Praz Teguh, Upik Isil, Gilang Dirga dan bintang lainnya. Lokasi syuting mengambil tempat di Bukittinggi (Sumatera Barat), Jakarta dan Prancis.

Film ini akan tayang dalam waktu dekat. Liam & Laila merupakan film kedua Mahakarya Pictures, yang sebelumnya mereka mengeluarkan Surau & Silek juga mengangkat budaya Minangkabau.