JAKARTA - Saat ini game mobile tidak bisa dipandang sebelah mata, beberapa pihak mengakui tren tersebut mengalahkan game PC dan konsol.

Seperti dilansir dari PocketGamer, seorang pengamat dari perusahaan riset pasar Niko Partners Daniel Ahmad menuliskan bahwa di tahun 2019, Indonesia masih akan tetap menjadi negara dengan jumlah penggemar game mobile terbesar di Asia Tenggara.

"Dengan populasi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi pasar game mobile terbesar dari sisi pendapatan dan jumlah pemain. Jumlah pemainnya akan tumbuh hingga lebih dari 100 juta," ungkap Ahmad. Menurutnya, pertumbuhan tersebut mulai terlihat sejak 2017.

Namun, Indonesia masih menjadi negara terendah kedua di Asia Tenggara untuk rata-rata pendapatan yang diperoleh dari pengguna berbayar.

Ahmad menilai hal tersebut diakibatkan tingkat penetrasi internet masih terendah di kawasan Asia Tenggara sehingga tidak banyak mobile gamer yang membelanjakan uangnya untuk game.

Meskipun demikian, Ahman melihat kondisi tersebut berubah saat sebuah game mobile mulai populer di Indonesia maka semakin banyak pemainnya yang membelanjakan uang mereka untuk game tersebut. Oleh para penerbit di Indonesia, esport untuk segmen ini menjadi pemicu kondisi tersebut.

Misalnya, di tahun 2017 esport game mobile mulai mengalami pertumbuhan yang cepat saat Moonton Mobile Legends Southeast Asia Cup yang mempertemukan tim terbaik dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Ahmad memaparkan hasil pemantauan terhadap daftar 10 game mobile terpopuler di iOS App Store dan Google Play Store di bulan Januari 2018. Dikutip dari hasil pemantauan firma SensorTower, game bergenre MOBA (multiplayer online battle arena) menjadi yang terpopuler.

Mobile Legends dan Arena of Valor bersaing untuk menjadi game terpopuler di genre tersebut. Lalu genre game selanjutnya yang sedang populer di Indonesia adalah Battle Royale. Publisher seperti NetEase dan Garena merilis masing-masing game dengan genre tersebut yang kemudian disusul oleh pionir battle royale PUBG Mobile.