BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, pada akhirnya tiba di rumahnya pada Selasa (5/3/2019), setelah menempuh perjalanan panjang dengan menggunakan kereta usai melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Hanoi, Vietnam.

"Kim Jong-un tiba di rumahnya pada Selasa (5/3/2019) ini setelah menyelesaikan kunjungannya ke Republik Sosialis Vietnam," demikian pernyataan dalam kantor berita resmi Korut, KCNA. KCNA memberikan laporan bahwa kereta yang dinaiki oleh Kim tiba di stasiun Pyongyang sekitar pukul 03:00 waktu setempat.

Ketibaan Kim itu mengakhiri perjalanan sejauh 4.000 kilometer dari Vietnam melalui jalur Cina. Perjalanan tersebut dilakukan setelah pertemuannya dengan Trump di Vietnam berakhir tanpa ada kesepakatan denuklirisasi. Dalam konferensi pers setelah pertemuan di Hanoi tersebut, Trump membeberkan bahwa AS sebenarnya sudah menyiapkan satu dokumen kesepakatan yang dapat ditandatangani usai konferensi tingkat tinggi dengan Kim.

Akan tetapi, Trump memilih untuk tidak meneken dokumen apapun karena tidak mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi. Menurut Trump, Kim menawarkan menutup kompleks nuklir Yongbyon dengan timbal balik AS mencabut sanksi atas Korut. Sementara itu, Trump ingin Korut melucuti senjata nuklirnya secara keseluruhan, baru AS dapat mencabut sanksi atas negara pimpinan Kim tersebut.