BREAKINGNEWS.CO.ID - Dalam kunjungan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dan para wakil ketua umum ke Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa, Kamis (23/1/2020), membahas beberapa hal. Bahkan pertemuan yang berlangsung selama dua jam ini sangat cair dan hangat.

Terdapat  diskusi  menarik dalam pertemuan tersebut. Misalnya  mengenai kerja sama program untuk memperbanyak lapangan kerja guna menyelesaikan masalah pengangguran serta pemberdayaan ekonomi rakyat melalui koperasi. Nurdin Halid menyampaikan bahwa Dekopin melakukan perubahan mendasar dengan mengedepankan program riil untuk memperkuat bisnis dan organisasi koperasi yang modern dan profesional.

Khofifah menyambut baik perubahan mendasar itu dan siap bekerja sama dengan Dekopin. Ia berharap Dekopin berkiprah lebih kuat lagi untuk membangun ekonomi rakyat. Gubernur menyatakan percaya dan yakin dengan pengalaman Nurdin Halid dan jajaran pimpinan yang baru Dekopin untuk membawa Dekopin lebih baik dan dirasakan kontribusinya bagi anggota.

“Beliau senang setelah kami memaparkan sejumlah langkah dan program strategis yang riil untuk pemberdayaan ekonomi rakyat di era digital. Dan, beliau bilang Jawa Timur siap bersinergi dengan Dekopin,” kata Nurdin Halid.

Sejauh ini, Khofifah banyak melakukan gebrakan memberdayakan ekonomi masyarakat Jawa Timur dengan mengandalkan koperasi. Ia juga menekankan betapa pentingnya koperasi bertransformasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak di era digital. Saat menjabat Menteri Sosial 2014-2018, Khofifah juga gencar mempromosikan koperasi untuk pemberdayaan komunitas dan kelompok -kelompok sosial.  

“Saya ingin koperasi di Jatim menjadi kekuatan yang luar biasa. Berbagai aplikasi yang dibangun untuk meluaskan jaringan di era digitalisasi ekonomi. Bagaimana pelaku koperasi menjadi pelaku usaha baik UKM atau IKM di era digital, meliputi pola membayar cashless, transformasi sistem lebih advance,” demikian Khofifah dalam sambutan pada perayaan Hari Koperasi ke-72 di Surabaya beberapa waktu lalu.

“Saya merasa banyak mendapatkan kesempatan belajar koperasi melalui Dekopin. Saya tak pernah lelah mempromosikan koperasi sebagai system ekonomi berkeadilan yang menyejahterakan secara berkelanjutan. Saya bersyukur mempunyai pengalaman cukup banyak bersama Dekopin ketika menimba ilmu koperasi sampai ke luar negeri ke Jepang, Cina, Meksiko, hingga Inggris,” ujar Khofifah, wakil ketua umum Dekopin era kepemimpinan Nurdin Halid periode 2010-2014.

Di akhir pertemuan, Khofifah menyatakan optimis koperasi akan menjadi kekuatan baru jika mampu melibatkan generasi milenial yang kreatif, inovatif, dan dinamis. Dia meminta Nurdin Halid dan jajarannya untuk semakin gencar melibatkan generasi milenial dalam pengembangan koperasi.

“Koperasi harus dibangkitkan dengan melibatkan kaum milenial karena saat ini mereka terus bergerak dan membutuhkan wadah usaha bersama. Pelaku UMKM dan IKM juga perlu diwadahi dalam usaha bersama koperasi agar mereka semakin kuat dalam era persaingan global. Karena itu, saya senang orientasi baru Dekopin yaitu kolaborasi bisnis dan teknologi agar koperasi menjadi pelaku usaha yang sehat, besar, dan kuat,” ujar Khofifah.