BREAKINGNEWS.CO.ID - Para pendukung klub sepak bola Persib Bandung, Bobotoh, diminta untuk tidak menyusup ke dalam kerumunan pendukung Persija Jakarta atau Jakmania di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Hal tersebut disampaikan oleh ketua Viking, Herru Joko.

Persija akan bertanding melawan Persib dalam pertandingan pekan ke-8 Liga 1. Herru mengatakan jangan ada lagi korban dari pertemuan antara Macan Kemayoran dengan Maung Bandung. Hal itu merujuk kepada tewasnya Jakmania, Haringga Sirla, saat menyaksikan laga antara Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) beberapa waktu lalu.

"Ini sepak bola, tidak boleh ada korban. Pertandingan ini menyangkut harga diri, tapi sekarang antara Persija ataupun Persib tidak lagi panas. Namun tetap waspada, harus sekali [waspada]," kata Herru. "Nyawa itu penting, jangan ada lagi korban. Jangan ada penyusup juga. Ekstra polisi di luar dan dalam stadion," ucapnya menambahkan.

Herru memaklumi atas larangan yang dikeluarkan oleh operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) terhadap Bobotoh untuk tidak nonton langsung di SUGBK. Akan tetapi Herru berharap ada solusi untuk mengatasi situasi ini di masa depan. "Tidak apa-apa sih, memang menyangkut orang banyak dan banyak karakter. Polisi punya perhitungan yang jelas, tidak apa-apa sih. Yang pasti, semoga polisi di sana ada program yang bikin perdamaian," ucap Herru.

"Kami memahami ya [larangan ke SUGBK]. Tapi jangan lama-lama juga lah kondisi seperti ini. Ini [SUGBK] stadion internasional, harusnya kami bisa nonton di sana," katanya melanjutkan. Herru juga menerima permohonan maaf dari Ketum Jakmania, Ferry Indrasjarief, dikarenakan Bobotoh tidak bisa ke Jakarta. "Memang masih susah, tidak apa-apa. Dimaklumi, kita punya niat untuk damai," ujarnya.