BREAKINGNEWS.CO.ID – Test event Asian Para Games 2018 telah selesai. Divisi  Ceremonies pun menggelar Asian Para Games Closing Event yang berlangsung pada Rabu (4/7/2018) di Para Village, Kemayoran, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (Inapgoc) Raja Sapta Oktohari, Menko PMK, Puan Maharani yang juga menjabat sebagai Ketua Pembimbing Inapgoc  serta Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Test event Asian Para Games ini telah berlangsung sejak 27 Juni dan berakhir pada 3 Juli 2018. Berakhirnya Test event Para Games ini pun disambut baik oleh Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari.

Baginya, Test event Asian Para Games tersebut adalah tolak ukur bagi Indonesia yang sebentar lagi akan menggelar pesta olah raga Asian Games yang akan berlangsung pada 14 Agustus – 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Menurut Ketua Inapgoc, saat ini Indonesia sudah siap untuk menggelar pesta olah raga terbesar di Asia tersebut. Venue-venue yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan, akomodasi serta penginapan atlit dan official tim kini sudah 99 persen siap untuk digunakan.

“Yah hari ini kita sudah melakukan flag down (penurunan bendera), yang artinya Test event Asian Para Games 2018 secara resmi itu sudah berakhir, baik itu di venue mau pun di Para Village ini,” beber Raja Sapta Oktohari.

“Saya berterima kasih kepada Ibu Menko PMK, Puan Maharani yang sejak awal selalu memberikan-memberikan arahan kepada kami dan juga nasihat pak Menpora, Imam Nahrawi yang juga menjadi Ketua Penyelenggara.”

“Tapi Test event ini, hanya cuplikan atau hanya sampling dari acara event sesungguhanya yang akan kita rencanakan,” jelasnya.

Disamping itu, Ketua Inapgoc juga memberikan komentarnya tentang Para Village yang saat ini sudah jauh lebih baik karena sudah tidak ada lagi aroma bau tidak sedap. Ia berterima kasih kepada Wagub DKI Jakarta yang sudah melakukan ini semua.

“Tentang Para Village ini, saya ingin berterimakasih sebesar-besarnya kepada pak Wagub kerena sudah bekerja sangat baik. Sebelumnya Para Village ini tercium sekali baunya, namun sekarang aroma tidak sedap itu sudah tidak ada lagi,” sambungnya.

“Waktu kita mengundang APC, Presiden APC dan semua anggota APC datang ke Jakarta karena akan ada meeting dan mereka semua kagum karena terakhir mereka kesini semua venue belum siap dan Para Village ini juga masih jauh dari kata siap, bahkan bau. Namun setelah mereka datang kembali kesini, mereka bisa melihat Para Village dan mereka bilang baunya sudah tidak ada.”

“Jadi Alhamdulillah dari tiga fokus, baik itu sport, maupun Para Village, dan transportasi hari ini sudah diuji cobakan. Semua destinasi baik itu dari bandara ke Para Village, maupun dari Para Village ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, itu menempuh jarak paling lama hanya 25 menit 7 detik. Yah ini jadi di bawah target kita.”

“Mereka pun puas dengan kinerja kita. Jadi saya pikir Indonesia kini sudah siap untuk menyelanggarakan pesta olah raga terbesar yaitu, Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018,” pungkasnya.