JAKARTA- Sejumlah perwakilan wali murid menggeruduk Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Jombang, Senin (12/2/2018)  memprotes ulah oknum guru inisial EA yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap puluhan murid. Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo pun mendesak kepolisian mengusut tuntas kasus asusila tersebut. Hal tersebut dilakukan supaya bisa memberikan efek jera terhadap pelaku.

"Meminta Komisi III DPR mendorong Kepolisian mengusut tuntas kasus-kasus tersebut, serta menindak tegas para pelaku dengan memberikan efek jera," ujar Bambang di DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Selanjutnya Bambang meminta Komisi VIII dan Komisi X DPR untuk mengundang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), serta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) guna membahas persoalan tersebut dengan menekankan aspek preventif.

Selanjutnya Bambang meminta Komisi VIII DPR menginisiasi revisi terhadap perubahan atas Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, khususnya mengenai pencegahan pelecehan seksual terhadap anak.

Sementara itu Bambang meminta Komisi X DPR mengimbau Kemendikbud untuk meningkatkan pengawasan dan lebih selektif dalam memberikan sertifikasi pada guru atau tenaga pengajar.

"Mengimbau kepada masyarakat, khususnya orang tua, untuk lebih memperhatikan lingkungan di sekitar anak, seperti mengingatkan anak untuk selalu waspada terhadap bujukan orang tidak dikenal serta memberikan pemahaman yang baik dalam memproteksi diri di lingkungan sekitar," pungkasnya.