JAKARTA - Indonesia, khususnya Jakarta, hingga kini masih berwacana mengenai rencana pembangunan moda transportasi. Kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menjalankan kereta Sleeper pada masa angkutan lebaran 2018.

PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (persero) mulai beroperasi perdana kereta mewah sleeper. Pada 12 Juni 2018, Kereta ini pertama kali akan diluncurkan untuk digandengkan dengan kereta Argo Bromo Anggrek untuk relasi Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

Rencananya kereta ini akan dirangkaikan pada KA dengan rute yang cukup panjang seperti Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, dan lainnya. Harga yang dipatok oleh PT KAI untuk merasakan kenyamanan fasilitas Kereta Sleepers yang masuk kedalam kategori kelas Luxury ini adalah Rp. 900.000,- yang setara dengan harga penerbangan Jakarta-Surabaya saat okupansi normal.

Jika membandingkan dengan tarif pesawat pada saat mudik lebaran yang sudah mencapai harga 1 jutaan lebih, maka menggunakan kereta Sleepers ini adalah alternatif yang patut dicoba oleh para pecinta transportasi kereta api.

Kereta ini akan memberikan kenyamanan ekstra dengan fasilitas sandaran kursi yang bisa direbahkan hingga cukup landai hingga 170 derajat yang membuat kita bisa tidur dengan nyaman plus fitur hadirnya pedestal (alas) kaki lipat, cup holder, Meja lipat, locker box dengan cermin dan USB power charger untuk smartphone membuat pemudik dapat merasakan fasilitas layaknya first class pesawat terbang.

Belum lagi adanya Headset port 3.5 mm untuk audio, LCD TV 12” yang dapat dikontrol dengan remote control untuk multimedia, lampu baca, dan buzzer untuk pemanggil kru kereta yang melayani Kawan Sumber secara personal membuat mudik kali ini bisa memberikan kesan lebih dari saat naik hingga sampai di stasiun tujuan. Oiya, harga segitu penumpang sudah dapat fasilitas makan dan minum gratis.

Kereta Sleeper ini nantinya akan dirangkaikan juga pada kereta api untuk tujuan jarak jauh seperti Jakarta - Yogyakarta dan lainnya. Tarif promo kereta sleepers ini berlaku dari 12 Juni hingga 25 Juni 2018 khusus saat kereta ini dirangkaikan pada KA Argo Bromo Anggrek sebagai ujicoba. Satu gerbong hanya tersedia 18 kursi saja.

PT KAI menjadwalkan perjalanan kereta sleeper tersebut dalam empat waktu keberangkatan. Jam keberangkatan pertama adalah pukul 08.00 WIB dengan waktu kedatangan pukul 17.00 WIB. Kemudian jam keberangkatan pukul 09.30 WIB dengan jam kedatangan pukul 18.30 WIB. Berikutnya jam keberangkatan pukul 20.00 WIB dengan jam kedatangan pukul 05.00 WIB dan terakhir pukul 21.30 WIB dengan waktu kedatangan pukul 06.30 WIB.

Kereta Sleeper ini adalah kereta yang dibuat oleh PT INKA Madiun berdasarkan pesanan PT KAI. Jaman dahulu, pada Kereta Bima relasi Jakarta - Surabaya, kereta tidur atau sleeper ini sudah sukses dijalankan namun diberhentikan pada tahun 2002 karena rangkaian kereta sudah dianggap tua untuk dijalankan. Kini hadirnya KA Sleeper dalam Argo Bromo Anggrek di masa mudik sekaligus menjadi nostalgia para pecinta kereta api Indonesia.