BREAKINGNEWS.CO.ID- Jumlah jamaah haji Indonesia yang telah dipulangkan ke Tanah Air saat ini sudah mencapai 144.220 orang. Hingga Senin (17/9/2018) pagi WIB ini sisa jamaah yang masih berada di Tanah Suci sekitar 87.000 orang.

Dari catatan Bagian Data dan Siskohat PPIH Arab Saudi, hingga Minggu (16/9) malam telah dipulangkan sebanyak 144.220 orang. Jumlah itu terdiri dari 142.450 jamaah dan 1.770 petugas. Mengingat total jamaah haji Indonesia tahun ini yang yang berangkat sekitar 204 ribu, jumlah yang pulang telah melebih separuh total jamaah.

Jumlah jamaah yang pulang pada gelombang pertama melalui Bandara King Abdulaziz Jeddah sejak 27 Agustus hingga 9 September sebanyak 87.853 orang. Sedangkan yang pulang menyertai gelombang kedua melalui melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz Madinah sejak 9 Agustus hingga Minggu kemarin  sebanyak 54.597 jamaah.

Sebagaimana dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, Senin pagi, sisa dari jamaah yang belum dipulangkan tersebut akan menjalani sekitar 8 hingga 9 hari di Madinah terlebih dahulu. Setelah itu mereka akan dipulangkan melalui Bandara Madinah. Kepulangan kloter terakhir dijadwalkan pada 25 September mendatang. 

Kepala Daker Bandara PPIH Arab Saudi, Arsyad Hidayat, mengatakan, akan memprioritaskan kepulangan jamaah yang mengalami sakit di Tanah Suci melalui kursi-kursi kosong pada kloter-kloter yang dipulangkan.

“Kita pertimbangkan keselamatan, kita tidak mau menyepelekan. Itu tanggung jawab pemerintah,” kata Arsyad di Madinah, kemarin. Ia mengatakan, PPIH Arab Saudi akan mengupayakan jamaah diberangkatkan dan dipulangkan dalam keadaan aman.