BREAKINGNEWS.CO.ID-Santiago Solari punya kenangan indah dengan Johan Cruyff Arena, yang menjadi kandang dari klub Ajax Amsterdam. Dia beberapa kali bermain di sini dengan Real Madrid, dan kemenangan yang dibawa pulang. Karena itu pula Solari menatap pertandingan timnya, Real Madrid, dengan Ajax Amsterdam pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 ini dengan terus meningkatkan kepercayaan dirinya.

"Kami punya kenangan hebat tentang stadion ini. Mari kita berharap itu berlanjut besok. Kami menghadapi mereka dengan rasa hormat maksimal," papar manajer Real Madrid itu, merujuk pada duel yang akan digelar Kamis (14/2/2019) dini hari mulai pukul 03.00 WIB nanti.

Ajax dan Real Madrid sudah 12 kali bertempur. Ajax cuma mencatatkan empat kemenangan dengan koleksi 10 gol, sementara Los Blancos merengkuh tujuh kemenangan dan 24 gol. Satu pertandingan berakhir imbang.

Kendati demikian, Solari juga mengakui tak ingin terlalu terpateri dengan sejarah. Dia memuji Ajax sebagai tim yang solid. "Mereka mengalami musim yang baik. Mereka sangat dinamis, dengan para pemain yang baik. Anda harus menghormati setiap lawan. Saya harap kami menghasilkan kinerja yang sama seriusnya seperti yang kami lakukan sebelum ini," jelas Solari.

Dia juga berbicara tentang para pemainnya yang menyambut pertandingan melawan Ajax ini dengan optimisme tinggi. "Sergio Ramos memiliki kepribadian yang luar biasa. Dia sangat kompetitif, dan itulah sebabnya dia memainkan banyak pertandingan di Liga Champions," katanya tentang kapten tim Sergio Ramos.

Thibaut Courtois, kiper utama Real Madrid, menambahkan bahwa merebut gelar juara Liga Champions untuk keempat kalinya secara berturut-turut adalah obsesi pemain Real Madrid saat ini. "Saya pikir merebut gelar keempat secara beruntun ini adalah mungkin. Setiap tahun jika Anda bertanya siapa yang menjadi favorit, setiap pemain akan mengatakan Real Madrid. Kami memiliki tim yang hebat dan pengalaman yang diperlukan. Ada banyak kandidat, tetapi Anda harus mengambil game demi game, dan yang pertama adalah Ajax."

Dari kubu lawan, pelatih Ajax Erik ten Hag menyebut bahwa Real Madrid adalah lawan yang sulit dikalahkan, tetapi bukan berarti mereka tidak bisa meraih kemenangan. "Real Madrid memberi tekanan tersendiri kepada kami, tetapi itu tidak akan membuat kami goyah. Kami yakin kami bisa melakukannya. Kami sehat secara fisik dan dengan semangat tim yang tepat, kami bisa melangkah jauh," tegas Erik ten Hag.

"Frenkie [de Jong] sudah fit; dia menantikan pertandingan, sama seperti kita semua. Tim-tim top bisa bermain sangat ofensif, tetapi juga tutup mulut dan kemudian break di laju. Real Madrid punya tim yang sangat berpengalaman, dengan orang-orang seperti [Sergio] Ramos, [Toni] Kroos, [Luka] Modrić dan [Karim] Benzema, tetapi juga campuran yang baik. Ini akan menjadi tantangan besar bagi kami untuk mencapai sesuatu yang positif. Kami tahu kita bisa menjadi kuat di panggung ini, dan tentu saja di Amsterdam," seru Erik ten Hag.

Frenkie de Jong adalah gelandang pilar Ajax yang akan bergabung dengan Barcelona musim depan. Dia sempat mengalami masalah otot, tapi kini sudah fit.

Ajax tampil impresif musim ini, tapi mereka sedang mengalami penurunan performa. Melawan sang spesialis turnamen, itu bisa berbahaya.

Ajax hanya menang sekali dan dipaksa menelan dua kekalahan pahit dalam tiga laga terakhir. Dua kekalahan itu adalah dengan skor 2-6 di kandang Feyenoord dan 0-1 melawan tuan rumah Heracles akhir pekan kemarin.

Sebelum itu, Matthijs de Ligt dan kawan-kawan sempat melalui 21 laga di semua kompetisi tanpa sekalipun tersentuh kekalahan.

Sementara itu, Madrid tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir. Hasil positif di El Clasico serta kemenangan menyakinkan dalam El Derbi Madrileno juga membuat pemegang rekor 13 gelar dan kampiun tiga edisi terakhir tersebut berada dalam kondisi terbaik untuk lawatan ke Amsterdam ini.

Dua bek Ajax, Nicolas Tagliafico dan Daley Blind, harus berhati-hati di laga ini. Jika mendapatkan kartu kuning, mereka harus melewatkan leg kedua di Santiago Bernabeu 5 Maret nanti.

Dari pihak Madrid, meski mencetak gol dalam derby kontra Atletico Madrid, Gareth Bale belum tentu jadi starter saat melawan Ajax. Pelatih Santiago Solari bisa saja memasang Lucas Vazquez untuk turun bersama Vinicius Junior dan Karim Benzema dari menit awal.

Untuk mengatasi barisan tengah tuan rumah, Solari bakal tetap mengandalkan Luka Modric, Casemiro dan Toni Kroos. Di belakang, Thibaut Courtois bakal diproteksi oleh Raphael Varane dan sang kapten Sergio Ramos.

Real Madrid selalu menang dalam enam pertemuan terakhir dengan Ajax, mencetak 20 gol dan hanya kebobolan dua. Dari 20 gol, 11 di antaranya mereka cetak di Amsterdam. Melihat catatan itu, wajar jika Los Blancos lebih difavoritkan menang.

Ajax baru kalah tiga kali di semua kompetisi musim ini. Namun dua dari tiga kekalahan itu mereka dapatkan dalam dua laga terakhir.

Ajax kehilangan momentum di saat terburuk.

Sementara itu, Madrid sedang panas-panasnya. Setelah imbang 1-1 dalam El Clasico melawan Barcelona di Copa del Rey, mereka menumbangkan sang rival sekota Atletico 3-1 di La Liga.

Madrid selalu menang dalam enam laga terakhirnya melawan Ajax. Madrid juga selalu mencetak minimal tiga gol dalam lima laga terakhirnya melawan Ajax.