BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong seluruh pimpinan Kementerian, Lembaga, dan Pemerintahan untuk meningkatkan pengawasan kepada seluruh pegawainya terhadap penggunaan anggaran guna meminimalisir penyalahgunaan penggunaan wewenang terhadap anggaran. 
 
Hal tersebut dikatakan Bambang menyikapi persoalan masih ditemukannya tindak koruptif yang dilakukan aparat pemerintah desa Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam penggunaan dana desa dari pemerintahan pusat. 
 
Bambang pun mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintahan Daerah (Pemda) untuk secara transparan dan terbuka dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) guna program dana desa tepat sasaran. 
 
"Mengimbau masyarakat untuk turut berperan dalam pemberantasan korupsi dengan berani melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila mengetahui adanya potensi tindak korupsi atau penyalahgunaan anggaran Negara dan desa," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta seperti dikutip, Minggu (10/2/2019). 
 
Mengingat lanjut Bambang, peran serta masyarakat dalam melaporkan adanya tindak pidana korupsi akan dijamin keamanannya sebagaimana diatur dalam Pasal 12 PP Nomor 43 tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat Dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 
"Atau masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduan melalui aplikasi DPRNow," tukasnya.