JAKARTA - Kementerian Sosial segera menyalurkan bantuan melalui dinas sosial untuk korban bencana banjir di sekitar Dayeuhkolot serta Baleendah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pemerintah Pusat menyatakan bantuan diberikan karena bencana itu memiliki skala cukup besar.

Di daerah itu terjadi bencana banjir yang cukup tinggi serta waktu surut yang lama. Hal tersebut membuat aktivitas warga tersendat.

Komandan Tagana Kementerian Sosial (Kemensos) Hartono menuturkan pada Minggu (19/11/2017), Tagana dari Kemensos otomatis akan turun tangan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana. Hal ini sesuai dengan tugas pokok serta fungsi yang diamanahkan kepada Tagana.

Untuk banjir yang ada di Kabupaten Bandung, anggota Tagana pun telah bersedia memberikan pertolongan. Rencananya Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawangsa, akan datang serta meninjau langsung kondisi masyarakat yang terdampak bencana banjir.

Dia menambahkan Kemensos berkoodinasi dengan dinas sosial di daerah maupun kota maupun provinsi terkait penyaluran bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana seperti banjir atau longsor. Bantuan ini tidak harus disalurkan langsung dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

Dia menuturkan, terkait dengan masa tanggap darurat yang menjadi pedoman Kemensos dalam menyalurkan bantuan, bencana dalam skala yang cukup besar seperti banjir di sejumlah daerah menjadi tanggung jawab dinas sosial (dinsos) kabupaten/kota serta dinsos provinsi.

"Untuk menambah bantuan atau stok logistik yang ada di dinas sosial harus dibutuhkan SK (surat keputusan) tanggap darurat dari pemerintah setempat," tutur Hartono.