BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian, dan relawan bencana untuk melakukan evakuasi dan pertolongan apabila ada warga yang masih bertahan di rumahnya yang terdampak banjir. 
 
Hal tersebut dikatakan Bambang menyikapi bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu terdapat jalur Jalan Tol Kertosono-Ngawi Km 604-605 Madiun yang terendam banjir. 
 
Bambang juga mendorong Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Pemerintah Daerah dan BPBD untuk segera membuat dapur umum dan mengkoordinasikan bantuan maupun pertolongan ke tempat evakuasi korban banjir dan longsor.
 
"Serta mengidentifikasi kebutuhan warga yang terdampak bencana," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Jumat (8/3/2019). 
 
Selain itu Bambang juga mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Dinas Kesehatan untuk segera membuka posko kesehatan di lokasi pengungsian guna memberikan pertolongan bagi warga yang menderita luka-luka ataupun terserang penyakit, serta berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat. 
 
Bambang menambahkan, pihaknya mendorong Kepolisian dan PT Jasa Marga untuk melakukan contra flow guna mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Tol Kertosono-Ngawi Km 604-605 Madiun akibat banjir. 
 
Selanjutnya Bambang mendorong BMKG untuk selalu meng-update informasi kondisi cuaca serta bekerja sama dengan lembaga penyiaran (publik/swasta) dalam menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat. 
 
Bambang juga mendorong Kepolisian bersama Pemerintah Daerah setempat untuk meningkatkan dan menjaga keamanan di lingkungan terjadinya bencana banjir dan longsor tersebut.