BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemerintah terus berupaya melahirkan minat kewirausahaan di kalangan pemuda. Setelah menggelar pelatihan penumbuhan minat kewirausahaan di kalangan pemuda. Kali ini, Kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) menggelar Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Pengegrak Wirausaha Berprestasi Tingkat Nasional 2018 di Hotel Ciputra, Jakarta, Senin (8/10/2018).

"Telah ada 456 pendaftar yang sudah memberikan proposalnya. Dewan juri bekerja untuk penilaian. Basis informasi bisa didapat dari auditing data yang akan kami paparkan kepada media. Dalam dua hari ini kami menilai mana wirausahawan muda yang benar-benar memiliki kemampuan berwirausaha," kata Deputi II Kemenpora, Asrorun Niam di Hotel Kartika, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Asrorun Niam mengungkapkan, hasil seleksi itu nantinya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo pada hari Sumpah Pemuda. 28 Oktober 2018. "Bisa jadi hadiah yangg diberikan tiak terlalu besar. Tetapi hadiah immaterial-nya sangat berharga. Karena, ini akan diserahkan kepada presiden nanti pas hari sumpah muda," Ujarnya didampingi Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Imam Gunawan dan Sutrija, Kabid Pemetaan Kewirausahaan Pemuda.

Lebih lanjut, selain penghargaan yang disebutkan di atas, para peserta nantinya yang memenuhi klasifikasi akan mendapatkan sebuah pengakuan (piagam) yang mana nantinya berguna untuk meyakinkan lembaga-lembaga pendanaan. "Di samping itu ini adalah momentum untuk berjejaring. karena kekuatan wirausaha adalah networking sehingga ada kemitraan yang saling menguntungkan, termasuk juga dengan lembaga pendanaan," ucapnya.

Keseriusan Pemerintah

Asrorun Niam mengatakan, seleksi wirausaha muda pemula berprestasi dan pengegrak wirausaha berprestasi tingkat nasional 2018, merupakan komitmen pemerintah, melalui Kemenpora dalam mendorong tumbuhya wirausaha-wirausaha muda yang akan menjadi pelopor pewudujudan kemandirian sebagai bangsa.

"Kemenpora mendorong tumbuh suburnya wirausaha muda. Dengan adanya Asisten Deputi (Asdep) yang secara khusus membidangi kewirausahawan muda. Kemenpora juga hadir untuk memberikan dukungan kepada para wirausaha muda dengan memberikan sentuhan melalui penumbuhan minat dan bakat," jelasnya.

"Menstimulasi potensi yang ada salah satunya dengan motivasi, hingga komitmen untuk memulai. Selain itu, Kemenpora hadir untuk memberikan dukungan kepada wirausaha muda berprestasi dengan model pendanaan," ujarnya, menambahkan.