BANYUWANGI - Kepala Kemenkum HAM Jawa Timur, Susy Susilawati melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIB Banyuwangi. Dalam kunjungan itu, Susy mengharapkan tidak ada lagi petugas yang tersangkut narkoba, seperti beberapa bulan yang kemarin.

Terlebih dulu, oknum petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banyuwangi, JF, ditangkap Unit Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres setempat, Rabu (4/1 /) kemarin. Oknum itu ditangkap di depan Lapas Banyuwangi diduga atas kepemilikan narkoba jenis sabu.

" Saya berharap tak ada sekali lagi masalah sama di Lapas ini. Ini memberi peran negatif untuk lokasi serta Kementrian. Maka dari itu saya datang ke sini jangan pernah semuanya mengikuti hal semacam ini, " tutur Susy pada beberapa wartawan, Sabtu (12/8/2017).

Menurut dia, sekarang ini dibutuhkan penambahan integritas serta kemampuan petugas Lapas dalam lakukan pembinaan pada tahanan ataupun narapidana. Petugas Lapas mesti jadi contoh yang baik, terutama pada warga binaan Lapas serta orang-orang umum.

" Saya akan tidak main-main dengan problem ini (narkoba). Kurir maupun petugas yang menggunakan sangsi nya begitu berat. Dari mulai pembinaan sampai pemecatan, " imbuhnya.

Diluar itu, kunjungan ini, kata Susy, ingin lihat langsung pembinaan penghuni Lapas yang berbasiskan pesantren serta ketrampilan. Pembinaan berbasiskan pesantren dikerjakan untuk kerohanian warga binaan. Sementara untuk ketrampilan, jadi bekal warga binaan saat menyelesaikan masa tahanan.

" Kriminalitas berlangsung karena mereka tidak mempunyai pekerjaan yang menjanjikan. Maka dari itu kita berikan bekal di sini. Supaya kelak miliki pengalaman serta tidak kembali sekali lagi, " imbuhnya.

Lapas Kelas IIB Banyuwangi mempunyai pembinaan ketrampilan berbentuk budidaya lele serta kerajinan berbahan dasar kayu. Bahkan juga kerajinan berbahan dasar kayu ini telah di ekspor ke Jepang serta Korea Selatan. Dari pembinaan ketrampilan ini, kata Susy, dapat memberi kontribusi pada negara serta warga binaan.

" Ini yang butuh dicontoh Lapas beda. Ada peran pada negara serta pastinya pendapatan untuk warga binaan. Pihak ke-3 bekerja bersama dengan Lapas dalam pembinaan ketrampilan ini, " imbuhnya.

Dalam peluang itu, Kakanwil Kemenkum HAM, Susy Susilawati lakukan panen perdana budidaya lele yang dilakukan oleh warga binaan Lapas Banyuwangi. Diluar itu, Susy juga berkunjung ke workshop perbengkelan kayu yang menghasilkan kerajinan berbahan dasar kayu yang telah di ekspor ke Jepang serta Korea Selatan.