BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) serta Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan Daerah, dan koperasi untuk bekerja sama dengan memanfaatkan penggunaan tol laut dalam mendistribusikan hasil komoditas pertanian di suatu daerah ke daerah lain yang membutuhkan komoditas pertanian. 
 
Hal tersebut dikatakan Bambang menyikapi kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan masih menjadi kendala utama dalam distribusi pangan hasil pertanian. 
 
"Guna menjaga kestabilan harga pangan," ujar Bambang kepada wartawan, Kamis (6/12/2018). 
 
Selanjutnya Bambang mendorong Pemerintah Pusat dan Pemda untuk terus melakukan perbaikan infrastruktur baik darat, laut, maupun udara yang dapat dimanfaatkan untuk pendistribusian bahan pangan dan memberikan subsidi biaya angkutan distribusi bahan pangan. 
 
"Serta perbaikan alat transportasi yang menunjang dalam distribusi pangan baik antar daerah ataupun antar pulau," katanya. 
 
Bambang menambahkan, pihaknya mendorong Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) dan Dinas Pertanian Daerah memperkuat peran koperasi dalam pemberdayaan petani dan menyerap hasil produksi petani untuk melindungi petani dari tengkulak. 
 
"Guna menyederhanakan jalur distribusi pangan, sehingga hasil pertanian dapat dibeli dengan harga yang murah," pungkasnya.